Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Vitamin agar Kulit Sehat Berikut Jenis Makanannya

Kompas.com - 31/05/2023, 17:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswa atau mahasiswa pasti ingin punya kulit yang sehat. Apalagi remaja perempuan ingin memiliki kulit yang cantik.

Tentu, jika kamu ingin punya kulit yang sehat dan cantik maka bisa dengan mencukupi kebutuhan vitamin bagi kulit.

Jika kebutuhan vitamin untuk kulit cukup maka akan membuat kulit lebih bercahaya, lebih sehat, bahkan terlihat lebih muda.

Tentu kondisi kulit bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kulit mengalami banyak masalah, kemungkinan kesehatan kamu tidak sebaik yang dikira.

Baca juga: 5 Buah Penurun Darah Tinggi, Info Ners Unair

Adapun kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh vitamin yang dioleskan saja, tetapi juga vitamin dari asupan makanan.

Vitamin untuk kulit

Dilansir dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ini beberapa vitamin yang memiliki peran penting bagi kondisi kulit kamu:

Vitamin A

Kulit kering atau kulit bersisik adalah gangguan yang erat kaitannya dengan terlalu rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh.

Bagi kulit, vitamin ini berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit. Sedangkan jenis makanannya yang mengandung vitamin A, seperti:

  • telur
  • keju
  • susu
  • yoghurt
  • atau ikan yang mengandung minyak

Untuk sayuran berwarna kuning, merah, dan hijau seperti bayam, wortel, ubi jalar, dan paprika merah, juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Mangga, pepaya, dan aprikot adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin A.

Vitamin B

Adapun salah satu indikasi seseorang mengalami kekurangan vitamin B adalah kondisi kulit kering atau gatal.

Untuk vitamin B, terutama antioksidan yang berasal dari vitamin B6, akan memberikan perlindungan bagi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas, sehingga juga mencegah kulit dari keriput.

Baca juga: 8 Jenis Makanan Penambah Darah, Info Ners Unair

Makanan yang kaya akan vitamin untuk kulit ini sangat penting untuk regenerasi sel-sel kulit, di antaranya:

  • daging ayam
  • telur
  • produk sereal yang diperkaya vitamin B

Vitamin C

Vitamin C penting bagi kulit karena berguna melawan efek buruk paparan sinar matahari. Vitamin C yang bersifat antioksidan mampu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, asap, dan polusi.

Tanpa perlawanan antioksidan, radikal bebas dapat leluasa menghancurkan kolagen dan elastin sehingga kulit menjadi cepat keriput dan mengalami penuaan dini.

Tak hanya dikonsumsi, mengoleskan krim mengandung vitamin C bisa membantu produksi kolagen kulit. Krim yang baik juga mengandung asam L-askorbat vitamin C, karena zat ini mampu menembus lapisan kulit.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com