Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2023, 16:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lulus dari SMA/SMK/sederajat dan ingin melanjutkan kuliah, maka harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih jurusan kuliah.

Sebab, memilih jurusan kuliah harus disesuaikan dengan minat dan bakat serta keuangan dari orangtua. Tapi masalah keuangan bisa diatasi dengan mengambil beasiswa.

Tak hanya itu saja, calon mahasiswa juga harus paham prospek kerja ke depannya seperti apa jika mengambil suatu jurusan kuliah.

Melansir laman Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA, ada beberapa jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan.

Baca juga: Cek 7 Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja

Tentu informasi ini bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa yang masih bingung dalam mencari dan memilih jurusan kuliah.

Jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan

1. Kedokteran

Jurusan ini sangat populer karena dikenal prospek kerjanya cerah. Hanya saja, kuliah di Jurusan Kedokteran cukup mahal.

Hanya saja, jenjang karir lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan. Selain kamu bisa membuka praktik, kamu juga bisa membuka layanan konsultasi online.

Usai mendapati gelar dokter, kamu juga dapat melanjutkannya kembali sekolah kedokteran dengan mengambil spesialisasi dibidang tertentu sesuai dengan minatmu.

2. Teknik Informatika

Tentu ilmu komputer dan teknik informasi belakangan menjadi jurusan yang cukup primadona, karena semakin banyak perusahaan yang mencari lulusan jurusan ini.

Peluang kerja lulusan Jurusan Informatika di era teknologi seperti sekarang ini cukup banyak, mulai dari programmer, web developer, hingga software developer.

3. Akuntansi dan Keuangan

Jurusan Akuntansi dan Keuangan, lulusannya juga banyak dicari di dunia kerja. Sebab, setiap perusaahan akan membutuhkan seorang akuntan.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Peluang karier lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

4. Psikologi

Seperti yang diketahui, saat ini jasa psikolog makin dibutuhkan karena banyak yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental.

Lulusan psikologi dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari menganalisis, memecahkan masalah, mengelola data, melakukan asesmen, dan mengelola empati.

Untuk peluang kerja lulusan psikologi tidak hanya sekedar menjadi psikolog, tapi juga bisa sebagai asesor, konsultan pendidikan, dan personalia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com