Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untar Masuk Pemeringkatan Times Higher Education 2023

Kompas.com - 09/06/2023, 19:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) meraih peringkat pada tiga kategori The Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2023, Kamis (1/6/2023).

Pemeringkatan THE Times Higher Education diikuti banyak perguruan tinggi terkemuka di dunia termasuk Indonesia. Data pemeringkatan ini menjadi rujukan peringkat perguruan tinggi terbaik dunia yang diterbitkan setiap tahunnya.

THE Impact Ranking 2023 menilai kinerja universitas berdasarkan penelitian, pengajaran, dan dampak. Penilaian juga dikaitkan dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga: Cetak Lulusan Berdaya Saing Global, Binus Hadirkan Program Two Degree

Untar sendiri memperoleh peringkat pada tiga kategori meliputi:

1. Kategori Quality Education peringkat 401- 600

2. Kategori Industry, Innovation, and Infrastructure peringkat 401-600

3. Kategori Partnerships for the Goals peringkat 1001+

Kategori Quality Education dikaitkan dengan tujuan kedua SDGs yaitu “zero hunger”, yakni mengukur penelitian universitas terkait kelaparan, pengajaran tentang keberlanjutan pangan, komitmen untuk mengatasi pemborosan makanan, serta mengatasi kelaparan di kampus dan
tingkat lokal.

Data diambil dari hasil publikasi yang diindeks antara tahun 2017 dan 2021. Ada 647 universitas dari 81 negara yang masuk dalam pemeringkatan.

Baca juga: Lolos Beasiswa LPDP 2023? Ada Sanksi bila Tak Pulang ke Indonesia

Sedangkan, kategori Industry, Innovation, and Infrastructure merupakan tujuan SDGs kesembilan. Kategori ini mengukur universitas tentang industri dan inovasi, jumlah paten dan perusahaan spin-off, serta pendapatan penelitian dari industri.

Dalam kategori ini terdapat 873 universitas atau institusi dari 87 negara.

Selain itu, Untar memperoleh pemeringkatan THE dalam kategori Partnerships for the Goals atau kemitraan untuk mencapai tujuan.

Kategori yang mengambil dari tujuan SDGs ke-17 ini melihat cara universitas dalam mendukung SDGs melalui kolaborasi dengan negara-negara lain, promosi,
dan publikasi data.

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa LPDP 2023 Tahap 2 yang Dibuka Besok

Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan, menilainya sebagai hasil yang sangat baik.

Menurutnya, masuknya Untar dalam pemeringkatan THE menambah lagi pengakuan atas capaian Untar di tingkat internasional.

Hasil yang diperoleh ini juga menunjukkan pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Untar telah dilaksanakan dengan baik dan memperoleh outcome yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Untar akan terus meningkatkan kualitas pengelolaan, kegiatan pembelajaran, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang mendukung tercapainya SDGs,” pungkas Prof Agustinus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com