Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 13:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bersama platform Noice dan Sekolah Perkumpulan Mandiri Menteng melakukan pengembangan ide inovasi bisnis lewat Skystar Youngpreneur Program yang berlangsung 5-9 Juni 2023.

Skystar Youngpreneur Program merupakan program kolaborasi antara Skystar Ventures UMN dan Sekolah Perkumpulan Mandiri berupa bootcamp berbasis inovasi menggunakan studi kasus nyata dari industri.

Program ini bertujuan untuk mendorong terciptanya jiwa wirausaha dan kemampuan penyelesaian masalah bagi siswa-siswi sekolah menengah sejak dini.

Sebanyak tiga puluh siswa Sekolah Perkumpulan Mandiri Menteng ikut berpartisipasi untuk mengembangkan ide inovasi bisnis terutama pada platform Noice dalam program ini.

Baca juga: Dorong Generasi Muda Melek Data, DQlab UMN Rilis Modul Pentaho Bahasa Indonesia

Seluruh siswa peserta program juga mendapatkan kesempatan untuk berkunjung langsung ke
kantor Noice dan merekam podcast mengenai ide bisnis mereka.

Head of Incubator Skystar Ventures sekaligus Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan
Keuangan UMN, Andrey Andoko mengatakan lewat program ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat wirausaha bagi siswa sekolah sejak dini.

“Program seperti ini diharapkan dapat menumbuhkan spirit inovasi dan kewirausahaan sejak dini sehingga nantinya lahir entrepreneur muda yang dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Andrey.

Lewat Skystar Youngpreneur Program, siswa Sekolah Perkumpulan Mandiri Menteng juga mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari berbagai praktisi di industri startup mulai dari validasi ide bisnis, cara melakukan riset pasar, membuat prototipe, hingga melakukan pitch untuk mempresentasikan ide bisnis mereka.

Baca juga: UMN, GMLS, dan UD Flow Stories Inisiasi Edukasi Mitigasi Bencana lewat Dongeng

Sejumlah mentor dari Noice, Kredivo, Pluang, Meratus, hingga Skystar Capital juga ikut berpartisipasi dalam program ini. Mereka memberikan pendampingan dan feedback langsung kepada para siswa untuk menghasilkan ide dan inovasi bisnis.

Director of Academic Sekolah Perkumpulan Mandiri, Yenny Chandra menjelaskan Skystar Youngpreneur Program memberikan kesempatan bagi para siswa untuk mempelajari pengetahuan baru terkait wirausaha.

“Program kolaborasi antara Sekolah Perkumpulan Mandiri dan Skystar Ventures memberikan
kesempatan kepada siswa-siswi kami untuk menerapkan pengetahuan yang mereka pelajari dari para praktisi startup serta mengasah keterampilan leadership, problem solving, dan jiwa wirausaha yang relevan dengan dunia kerja,” kata Yenny.
Dari program ini, ada 6 ide inovasi bisnis dihasilkan para siswa peserta program yang didalamnya meliputi solusi bisnis dari perspektif content creators dan ide inovasi untuk platform Noice.

Lebih lanjut, program ini diharapkan dapat mendukung siswa-siswi sebagai generasi muda untuk dapat berpikir kreatif, inovatif, dan solutif sebagai bekal dan wadah untuk mempersiapkan karir dan terjun langsung ke industri startup yang terus berkembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com