Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2023, 07:21 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai generasi muda, para mahasiswa perlu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Karena perkembangan teknologi saat ini juga ada yang bersentuhan dengan pembelajaran. Hal ini terlihat dari beberapa perguruan tinggi yang menyediakan kelas dengan pembelajaran hybrid.

Melek teknologi tentunya juga sangat membantu mahasiswa ketika terjun di dunia kerja. Lantas perkembangan teknologi apa saja yang perlu diketahui para mahasiswa?

Dilansir dari akun Instagram Institut Teknologi Batam (Iteba), Selasa (31/10/2023) membagikan informasi mengenai perkembangan teknologi yang wajib diketahui mahasiswa.

Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

Perkembangan teknologi yang perlu diketahui mahasiswa

Apa saja itu? Simak informasinya sampai selesai.

1. Virtual Reality dan Augmented Reality

VR menciptakan lingkungan sepenuhnya virtul. Sementara AR menambahkan elemen virtual ke dunia nyata. Keduanya digunakan dalam gaming, pendidikan, pelatigan dan sektor lainnya.

2. Machine Learning dan Robotic

Machine learning terus berkembangd alam berbagai aplikasi. Termasuk dalam bisnis, eksehatan, keamanan dan lainnya. Keberadaan robot makin banyak digunakan dalam berbagai industri, seperti manufaktur, layanan kesehatan hingga pertanian.

Baca juga: 70 Proposal Lolos Program IRN 2023, Dapat Dana Penelitian

3. Aplikasi 5G

Perkembangan teknologi lainnya yang perlu diketahui mahasiswa adalah aplikasi 5G. Dengan adanya aplikasi 5G, memberikan konektivitas yang lebih cepat dan lebih andal. Memungkinkan pengembangan aplikasi baru dan meningkatkan Internet of Things.

4. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)

AI melibatkan pengembangan mesin dan algoritma yang dapat belajar dan berpikir seperti manusia. Teknologi ini digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti analis data, otomatisasi proses, perawatan kesehatan, mobil otonom dan banyak lagi.

5. Internet of Things

IoT melibatkan penghubungan berbagai perangkat dan obyek fisik ke internet. Dengan teknologi memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dan berbagi data. Contohnya perangkat pintar di rumah hingga industri 4.0.

6. Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang mendasari mata uang kripto seperti Bitcoin. Tetapi juga memiliki aplikasi di luar kripto. Ini digunakan untuk keamanan transaksi, rantai pasokan dan banyak lagi.

Baca juga: Mengenal Kampus Anggota Group of Eight Australia, Ada Incaranmu?

Demikian 6 perkembangan teknologi yang perlu diketahui mahasiswa. Dengan memahami perkembangan teknologi bahkan kalau bisa menguasai hal yang berhubungan dengan teknologi, akan membuatmu segera terserap ke industri kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com