Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Tingkatkan Peluang Lolos Prodi Pilihan Pertama di SNBP 2024

Kompas.com - 16/01/2024, 15:54 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Memilih jurusan atau program studi (prodi) di perguruan tinggi perlu dipertimbangkan secara matang. Terutama di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

Siswa yang dinyatakan eligible SNBP 2024, hanya bisa mendaftar dua prodi saja. Berbeda dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang bisa memilih hingga empat prodi.

Jika siswa tidak lulus seleksi SNBP pada prodi pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi prodi pilihan kedua. Karena itu, siswa harus cermat memilih jurusan.saxcdz

Baca juga: Daya Tampung 93 Jurusan Milik UGM pada SNBP 2024

Lalu, bagaimana cara agar lolos prodi pilihan pertama SNBP 2024?

5 cara lolos prodi pilihan pertama SNBP 2024

1. Memilih jurusan sesuai minat dan bakat

Penting bagi siswa memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Bila sejak lama kamu berbakat di bidang seni, ada baiknya memilih jurusan kesenian.

Begitu juga bila minatmu sejak lama adalah Jurusan Kedokteran atau Teknik tentu harus dibuktikan dengan minat yang tinggi. Misalnya, didukung dengan nilai mata pelajaran Matematika, Kimia, atau Biologi yang tinggi.

Bila kamu memilih jurusan tidak sesuai dengan bakat dan minatmu, yang rugi adalah dirimu sendiri. Selain berpeluang tidak lolos, bisa saja kamu diterima tetapi akan kesulitan mempelajari mata kuliah karena tidak ada motivasi atau semangat tinggi.

Baca juga: 10 Jurusan UI dengan Peminat Paling Sedikit di Jalur SNBP

2. Cek tingkat keketatan

Tingkat keketatan adalah perbandingan jumlah kuota dan jumlah siswa yang melamar jurusan. Semakin kecil angka keketatan menunjukkan keketatan penerimaan mahasiswa yang makin tinggi.

Misalnya, Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB) punya angka keketatan kurang dari 5 persen. Sementara fakultas lain 5 - 10 persen. 

Jadi, cara memilih jurusan pilihan pertama ialah jurusan dengan tingkat keketatan tinggi baru pada pilihan kedua adalah jurusan tingkat keketatan rendah.

3. Rencana lintas jurusan

Sejak tahun 2023, siswa bisa lintas jurusan di SNBP maupun SNBT. Tahun ini pun juga berlaku aturan yang sama.

Kalau ingin lolos jurusan pilihan pertama tetapi kamu ingin lintas jurusan, harus memperhatikan nilai rapor semester 1-5 dan mata pelajaran pendukung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com