Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menstimulasi Impian Anak-anak Lewat Musik

Kompas.com - 01/03/2014, 15:29 WIB
Latief

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Banyak cara untuk menstimulasi anak-anak mengejar impian dan cita-citanya. Salah satunya lewat musik, seperti dilakukan Froggy Edutography dengan mengusung kecerdasan musikal anak-anak.

Froggy Edutography, yang berperan sebagai lembaga pendidikan, kini berupaya mengedepankan program Edutography Goal Setting. Program ini mengajak anak-anak berani bermimpi sejak dini dan bercita-cita besar melalui serangkaian kegiatan. Rangkaian kegiatan itu dirangkum dalam Road Map yang telah disesuaikan dengan kecerdasan masing-masing anak.

"Road Map ini mengacu pada 8 indikator multiple intelegensi yang digagas oleh Howard Gardner, yaitu kecerdasan: linguistik, logika, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis," kata Fernando Iskandar, Founder dan CEO Froggy Edutography, di Floating Castle, Tangerang, Sabtu (1/3/2014), menyambut Pentas Perdana CJR di Floating Castle.

Pada pentas yang akan digelar Minggu (2/3/2014) di Floating Castle, BSD Serpong, Tangerang, itu, Froggy Edutography akan mengusung kecerdasan musikal dengan menghadirkan CJR. CJR diharapkan bisa memberikan inspirasi positif terhadap perkembangan intelegensi anak-anak didik lewat kegiatan 'Ngobrol Cita-cita dan Nyanyi Bareng CJR'.

"Sebetulnya tidak hanya di Froggy Edutography, namun juga bagi anak-anak Indonesia pada umumnya. Kami ingin acara ini menjadi semacam stimulasi bagi pengembangan cita-cita dan motivasi anak-anak," ujarnya.

Fernando berharap, CJR dapat menjadi inspirator bagi anak-anak untuk memiliki komitmen terhadap masa depan. Anak-anak harus bersekolah dengan baik dan memiliki cita-cita yang terstruktur. 

"Karena saya melihat, CJR tidak hanya memiliki kecerdasan bermusik, namun juga kecerdasan interpersonal yang muncul. Mereka berani berbicara dan mengemukakan pendapat di depan umum, mengombinasikan gerakan atau kinestetik), bisa berkomunikasi dengan publik. Mereka mampu menghibur dan membuat anak-anak senang dan bahagia. Kemampuan-kemampuan itulah yang menjadikan mereka dicari, disukai dan pada akhirnya menjadi inspirator bagi penggemarnya," urai Fernando.

Teuku Rizky Muhammad, mewakili personel lainnya di CJR, menyebutkan bahwa dirinya saat ini tengah menekuni sekolah di bidang musik. Cita-citanya satu; menjadi arranger musik profesional.

"Saya sudah memutuskan untuk menekuni bidang musik, makanya saya pilih sekolah musik. Saya dan kawan-kawan berharap dapat melakukan lebih banyak hal lagi untuk anak-anak Indonesia agar memiliki motivasi dan cita-cita besar terutama dalam bermusik," kata personel CJR yang akrab disapa Kiki ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com