Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap... Seleksi Beasiswa BPI untuk S-2 dan S-3!

Kompas.com - 12/09/2014, 07:30 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program magister (S-2) dan doktor (S-3) kembali dibuka. Ini merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut program magister atau program doktor di perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

Bagi Anda yang tertarik, sasaran pelamar beasiswa ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program magister atau program doktor. Sasaran bidang ilmu sesuai prioritasnya meliputi bidang teknik, sains, pertanian, kedokteran/kesehatan, bidang akuntansi/keuangan, hukum, agama, sosial, ekonomi, budaya/bahasa, dan bidang lainnya.

Selain syarat umum WNI dan telah menyelesaikan studi program sarjana atau program magister, pelamar juga harus mengikuti persyaratan khusus untuk meraih beasiswa ini. Mereka yang lolos akan menerima bantuan dana pendidikan meliputi biaya pendidikan, pendaftaran (at cost), SPP, termasuk matrikulasi nonbahasa (at cost), serta non-SPP, yang dapat digunakan untuk tunjangan buku, tesis/disertasi, seminar, publikasi, wisuda (paket, per tahun, akumulatif).

Biaya tersebut juga meliputi transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari asal domisili ke perguruan tinggi tujuan (satu kali, at cost), asuransi kesehatan (paket), visa (at cost), hidup bulanan/living allowance (paket), tunjangan keluarga (paket), kedatangan/settlement allowance (paket), dan lainnya.

Pendaftaran BPI untuk Program Magister dan Doktor dibuka sepanjang tahun dengan proses seleksi dilakukan sebanyak 4 (empat) kali, yaitu pada Maret, Juni, September, dan Desember.  Bagi Anda yang tertarik, informasi dan jadwal pendaftaran serta seleksinya bisa dilihat dan diunduh di: www.lpdp.depkeu.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com