Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar... Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD!

Kompas.com - 12/08/2014, 07:00 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan menggelar apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PTK PAUDNI) Berprestasi 2014. Acara ini dilaksanakan untuk memberikan penghargaan sekaligus memotivasi serta memupuk tali silaturahim para PTK PAUDNI.

Apresiasi PTK PAUDNI tahun ini bertema "Melalui Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Kita Wujudkan PTK PAUDNI yang Kompetitif, Profesional, dan Bermartabat". Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Pada tingkat nasional kegiatan ini akan digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 9-15 Agustus 2014. Para juara I, II, dan III akan beraudiensi dengan jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan mengikuti puncak acara Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2014 di Istana Negara.

Ada 15 jenis PTK PAUDNI yang dilombakan tahun ini yang meliputi Pengelola PAUD, Pendidik PAUD, Penilik, Pamong Belajar, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar, Pengelola PKBM, Pengelola TBM, Tutor Pendidikan Keaksaraan, Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Instruktur Kursus Tat Rias Pengantin, Instruktur Kursus Tata Boga, Instruktur Kursus Perhotelan, Instruktur Kursus Elektronika, Instruktur Kursus Otomotif Roda 2, dan Instruktur Kursus Tata Busana.

Terdapat dua kategori lomba, yaitu lomba perorangan dan kelompok dengan jumlah peserta sebanyak 510 orang. Mereka berasal dari 34 provinsi yang masing-masing mengirimkan 15 peserta. Lomba perorangan akan diikuti 15 PTK PAUDNI dengan jenis keterampilan masing-masing. Sedangkan pada kategori lomba kelompok terdiri dari penampilan paduan suara dan senam aerobik kreasi daerah masing-masing.

Penilaian terhadap lomba perorangan dibagi dalam tiga komponen, yaitu tes psikologi dengan bobot penilaian 15 persen, penilaian naskah karya nyata atau karya tulis dengan bobot penilaian 35 persen, dan penilaian presentasi dengan bobot 50 persen. Untuk pemenang lomba perorangan dan kelompok akan mendapatkan sertifikat, uang pembinaan, suvenir dari Kemendikbud, dan hadiah lainnya dari pihak sponsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com