Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2015, 10:27 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Mencari beasiswa di luar negeri memang gampang-gampang susah. Tapi, tidak sulit bila si pemburu beasiswa mengetahui peluangnya.

Untuk membidik beasiswa di Belanda, misalnya. Pelamar beasiswa yang memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun sudah bisa masuk kriteria itu.

Sebagaimana dipaparkan Koordinator Beasiswa di Netherlands Education Support Office (Nuffic Neso Indonesia), Indy Hardono, awal Februari lalu, ada salah satu beasiswa menarik yang ditawarkan Pemerintah Belanda, yaitu beasiswa Studeren in Nederland (StuNed). Beasiswa ini disediakan khusus bagi mahasiswa Indonesia.

Secara umum, target beasiswa StuNed adalah mid-career professional atau si pelamar punya pengalaman bekerja minimal dua tahun di instansinya bekerja. Namun, StuNed tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, terutama sejak periode seleksi 2014.

"Seleksinya lebih kompetitif sehingga kategori yang dicari adalah pelamar dengan kategori excellent," kata Indy.

Dok Nuffic Neso Indonesia Indy Hardono, Koordinator Tim Beasiswa StuNed di Nuffic Neso Indonesia, pada jumpa pers di Jakarta, Jumat (10/10/2014).
Tahun ini fokus program beasiswa lebih mengutamakan kualitas, bukan lagi kuantitas. Tetapi, bagi yang memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun, tentu selangkah lebih maju karena sudah memenuhi salah satu kriteria. Untuk bisa menembus seleksi beasiswa itu, lanjut Indy, ada baiknya area pekerjaan si pelamar berkaitan dengan lima bidang prioritas kerjasama bilateral Indonesia dan Belanda

"StuNed merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia yang tercantum dalam Multi Annual Policy Framework (2014-2017), karena itulah kriteria area pekerjaannya harus seperti yang disebutkan tadi," ujarnya.

Lima area bidang pekerjaan bilateral Indonesia dan Belanda itu meliputi Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law), Air (Water), Agro Pangan dan Hortikultura (Agri-food and Horticulture), Transportasi dan Logistik (Transportation and Logistics), serta Sektor Medis (Medical Sector).

"Tapi, untuk memenuhi persyaratan pendaftaran, pelamar harus lebih dulu punya surat penerimaan atau Letter of Acceptance dari universitas di Belanda. Kami harapkan calon pelamar mendaftarkan sesegera mungkin ke universitas Belanda yang diinginkan," kata Indy.

Pendaftaran StuNed

StuNed sendiri merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda untuk untuk mendanai studi pelajar Indonesia untuk gelar master (S-2) atau short course. Ini adalah beasiswa berbasis prestasi yang berfokus pada berbagai faktor keunggulan, mulai akademik, jenjang karir, penghargaan dan prestasi penting lainnya.

Adapun pendaftaran StuNed sudah dibuka dengan batas waktu pendaftaran sampai 15 Maret 2015 untuk program master (S-2) dan 1 Maret 2015 untuk short course. Informasi lebih jauh mengenai StuNed dan program studi di Belanda bisa dilihat di www.nesoindonesia.or.id/stuned. Calon mahasiswa Indonesia juga dapat menghubungi staf Nuffic Neso Indonesia untuk konseling gratis mengenai informasi beasiswa ini.

Baca juga: Cari Beasiswa Dulu atau Kampusnya Dulu? Jangan Terbalik!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com