Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Rasanya Kuliah di 5 Negara Paling Damai di Dunia?

Kompas.com - 27/04/2017, 18:31 WIB
Aningtias Jatmika

Penulis

KOMPAS.com - Situasi negara yang tidak aman biasanya membuat warganya tak nyaman. Proses pembelajaran pun bisa terganggu. Oleh sebab itu, calon mahasiswa sebaiknya benar-benar jeli mempertimbangkan negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Berdasarkan Indeks Perdamaian Global (GPI) yang disusun Institut Ekonomi dan Perdamaian, ada 22 indikator untuk menentukan level kedamaian sebuah negara. Beberapa di antaranya adalah angka kejahatan, hubungan dengan negara sekitar, dan tak pernah terlibat perang.

Menurut laporan yang dirilis pada 2016 itu, Islandia menjadi negara yang paling memenuhi indikator-indikator tersebut.

Negeri tersebut memiliki tingkat demokrasi yang nyaris sempurna. Kesetaraan gender juga terjaga—mengingat Islandia adalah negeri pertama di Eropa yang memiliki presiden perempuan, Vigdis Finnbogadottir yang terpilih pada 1980.

Lebih dari itu, tingkat kejahatan di sana sangatlah rendah. Selain itu, sektor pendidikan di negeri tersebut sukses dengan 99 persen warga yang bebas dari buta huruf. Prestasi itu memungkinkan karena rakyat Islandia tak perlu membayar biaya sekolah.

Rakyat Islandia juga tercatat menjadi warga paling melek informasi. Negara ini berada di posisi atas dalam hal kegemaran membaca dan penerbitan buku.

Posisi kedua ditempati oleh Denmark. Seperti Islandia, pendidikan digratiskan di negeri Skandinavia ini. Bahkan tak hanya pendidikan, warga pun tak perlu membayar biaya kesehatan.

Kepedulian akan kesehatan dan lingkungan ditunjukkan warga ibu kota Denmark, Kopenhagen, yang lebih memilih bersepeda atau berjalan kaki ke sekolah atau tempat kerja. Hal ini, dilakukan demi membuat Kopenhagen menjadi kota dengan level karbon terendah pada 2025.

SHUTTERSTOCK Sepeda merupakan alat transportasi yang digunakan penduduk Kopenhagen, Denmark sehari-hari.

Situasi yang damai di Denmark salah satunya disebabkan tingkat korupsi yang kecil. Gejolak politik akibat korupsi tidak dirasakan warga Denmark seperti halnya warga Indonesia.

Austria kemudian berada pada posisi ketiga. Berdasarkan GDP-nya, Austria adalah salah satu negara terkaya di dunia sehingga memiliki standar hidup yang tinggi dan sistem transportasi yang sangat mumpuni.

Keindahan alam dan bangunan-bangunan bersejarah di sana membuat Austria dikunjungi jutaan turis dari berbagai negara di dunia setiap tahun.

Austria merupakan salah satu negara yang paling nyaman untuk ditinggali karena rendahnya angka kejahatan. Hal ini tentu menjadi idaman bagi tiap pelajar, bukan?

Selanjutnya, pada posisi keempat ada Selandia Baru. Negara yang terletak tak terlalu jauh dari Indonesia ini dikenal memiliki layanan sosial yang luar biasa, jumlah narapidana yang minim, dan memiliki hubungan baik dengan negara sekitarnya.

Selandia Baru dikenal memiliki sistem hukum yang independen dan kuat serta kepolisian yang berdedikasi tinggi.

Negeri Kiwi itu juga memberikan layanan pendidikan dan kesehatan yang sangat baik untuk rakyatnya. Penduduk asli, terutama yang tak bekerja, bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis saat membutuhkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com