Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemitraan dengan Komunitas Industri Kreatif Makin Dibutuhkan

Kompas.com - 19/11/2017, 19:42 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha KAHMI (Hipka) Kamrussamad, mengatakan di era digitalisasi saat ini para pengusaha muda harus bisa beradaptasi. Salah satunya membuka kemitraan dengan elemen atau komunitas seperti asosiasi industri kreatif.

"Kemitraan dengan komunitas berbasis industri kreatif ini menjadi penting terutama agar produk wirausaha pada himpunan kami (KAHMI) bisa ikut terpasarkan dengan baik," ujar Kamrussamad, di sela Munas ke-X Korps Alumni KAHMI, di Medan, Jumat (17/11/2017).

Kamrussamad mengaku mengamini ajakan Presiden Joko Widodo saat membuka munas tersebut. Presiden mengatakan, para pengusaha muda harus bisa mengikuti perkembangan era digital yang serba cepat.

"Harus bersinergi untuk menjawab tantangan ke depan. Saat ini dunia cepat berubah sehingga kita harus cepat pula mengimbanginya," ujar Kamrussamad.

Pada pembukaan munas tersebut Presiden juga mengatakan bahwa untuk menggaet investasi tidak harus selalu fokus ke negara barat. Investasi dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan Indonesia bisa mengajak negara-negara seperti Emirat Arab, Qatar, dan Arab Saudi untuk berinvestasi di Indonesia.

"Yang terpenting menurut Presiden adalah kita perlu melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia lewat riset dan pelatihan. Saat ini kontribusi kami di bidang hukum bisnis bisa dibutuhkan terkait regulasi era digitalisasi seperti menyumbang aturan soal fintech," tuturnya.

Sementara itu, kata dia, terkait menarik investasi dari luar negeri, seyogianya Harus seimbang dari Timur Tengah, Asia Timur, dan Barat. Hal itu mengingat kita adalah pasar yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com