Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-1 SBMPTN, Ini 6 Hal yang Perlu Dilakukan

Kompas.com - 07/05/2018, 14:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan serentak besok (7/5/2018).

Ada beberapa hal yang dapat untuk dipersiapkan 1 hari menjelang ujian tertulis SBMPTN:

1.Cek lokasi ujian

Para peserta jalur SBMPTN perlu memastikan lokasi pelaksanaan ujian. Bila perlu juga telah mengetahui posisi ruangan dan meja.

Istilah 'posisi menentukan prestasi' menjadi penting di sini agar tidak terlambat saat pelaksanaan. Panitia ujian telah menetapkan tata tertib, keterlambatan atas alasan apapun lebih dari 30 menit maka akan dianggap mengundurkan diri.

Akan sangat baik bila peserta juga sudah mengecek perkiraan waktu tempuh perjalanan, baik yang menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

2. Siapkan peralatan

Beberapa peralatan tulis telah ditetapkan dalam tata tertib pelaksanaan SBMPTN. Bawalah beberapa pensil 2B sesuai ketentuan untuk digunakan juga tambahan sebagai cadangan. 

Selain cadangan pensil, bawalah rautan pensil untuk berjaga-jaga bila dibutuhkan. Panitia tidak menginjinkan peserta meminjam alat tulis selama ujian berlangsung.

Baca juga: 6 Tips UGM untuk 'Pejuang SBMPTN'

Jangan lupa siapkan bollpoint hitam dan juga penghapus yang masih bersih kondisinya.

3. Siapkan dokumen

Dokumen yang dibutuhkan saat ujian SBMPTN adalah Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU). Dokumen lain yang juga dibutuhkan adalah fotocopy ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat dan sudah dilegalisasi.

Bagi lulusan tahun 2018 dapat membawa Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dari kepala sekolah yang dilengkapi pasfoto berwarna terbaru dan dibubuhi cap sekolah.

4.  Jadikan hari ujian hari yang biasa

Ujian SBMPTN adalah ujian yang telah dipersiapkan jauh hari. 'Sistem Kebut Semalam' (SKS) tidak akan banyak membawa dampak yang besar, ujar Regina guru konseling dari sekolah Global Jaya. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com