Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.353 Wisudawan Untar Siap Sambut Era Industri 4.0

Kompas.com - 20/05/2018, 08:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Universitas Tarumanegara (Untar) mewisuda 1.353 wisudawan dari jenjang S1, S2 dan S3 serta profesi dari 8 fakultas dan pascasarjana hari Sabtu,19 Mei 2018. 

Pada wisuda ke 71 ini hadir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi H. Mohamad Nasir dan Koordinator Peguruan Tinggi Swasta wilayah (Kopertis) III Dr. Ir. Illah Sailah MS.

"Saat ini dunia memasuki revolusi industri 4.0 yang didorong perkembangan teknologi informasi,otomasi dan robotika. Setiap lulusan perguruan tinggi, para dosen, dan mahasiswa harus mampu meningkatkan kompetensi di berbagai bidang. Dengan demikian dapat memberi kontribusi dalam mempersiapkan SDM sesuai kebutuhan revolusi industri 4.0," jelas Rektor Untar Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan dalam sambutan di hadapan wisudawan.

Agustinus meminta para wisudawan untuk selalu terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan di berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi dan peradaban di bidang yang ditekuni.

Baca juga: Untar Gairahkan Kembali Robotika Indonesia lewat KRI

“Kami mengharapkan peran serta kalian secara aktif bagi bangsa dan negara, secara khusus bagi kemajuan Universitas Tarumanagara”, pesannya.

"Kita tengah menghadapi era yang sama sekali sudah berubah sama sekali. Saat ini kita menghadapi era revolusi industri yang menjadi tantangan para wisudawan," ujar M Nasir.

M Nasir menggambarkan betapa disruptif teknologi telah membawa perubahan gaya hidup seperti budaya non tunai yang ditawarkan aplikasi gawai atau fenomena Gojek yang telah mengubah wajah transportasi kita.

Ia juga meminta para wisudawan untuk berani mengubah cara berpikir dalam menggunakan teknologi. 'Satu Dosen, Seribu Mahasiswa' adalah slogan yang bisa saja diwujudkan dengan metode pembelajaran jarak jauh, tambahnya.

Karenanya Menristek meminta seluruh rektor,dosen dan mahasiswa untuk berani mengubah cara pandang dengan membuka pikiran dan hati untuk tidak selalu berpuas diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com