Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Bahagia dan Pintar dengan "Holiday Program"

Kompas.com - 26/06/2018, 19:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Liburan sekolah adalah waktu tepat untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak mereka dalam berkreasi, bersosialisasi, dan mencari pengalaman-pengalaman baru menyenangkan baik bersama keluarga maupun bersama teman-teman.

Penelitian menunjukkan menghabiskan waktu liburan dengan pengalaman baru yang kaya dalam interaksi sensorik, sosial, fisik, dan kognitif pada anak dapat meningkatkan fungsi otak.

Fungsi otak yang dimaksud adalah seperti pengaturan stres, perhatian, konsentrasi, perencanaan yang baik, kemampuan untuk belajar, dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Peningkatan fungsi otak ini juga terkait dengan peningkatan IQ pada anak-anak. 

Psikoterapis anak, Margot Sunderland dari London Metropolitan University melalui artikel "Sains Dibalik Mengapa Liburan Membuat Anak Lebih Bahagia dan Pintar" menjelaskan liburan sebenarnya dapat membantu perkembangan otak.

Bermain dan bereksplorasi dengan anak-anak saat liburan dapat mengaktifkan sistem yang memicu neurokimiawi atau 'hormon bahagia' seperti opioids, oxytocin and dopamine untuk mengurangi stres dan mengaktifkan perasaan hangat, indah dan bahagia.

Maka, sayang sekali jika waktu liburan sekolah anak tidak diisi dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat buat mereka.

Kegiatan liburan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk anak bisa bermacam-macam, mulai dari jalan-jalan bersama keluarga, bermain dengan teman-teman, menginap di rumah saudara atau ikut dalam program kegiatan liburan yang diadakan secara profesional.

Terkait kegiatan liburan yang diadakan secara profesional dan menyenangkan, Sekolah HighScope Indonesia secara rutin mengadakan kegiatan “Holiday Program”. Pendaftaran kegiatan liburan ini terbuka untuk umum.

Sekolah HighScope Indonesia adalah sekolah yang melakukan pendekatan pendidikan "pembelajaran aktif." Pembelajaran aktif berarti siswa memiliki pengalaman langsung dengan guru, objek, kejadian, dan gagasan.

Minat dan pilihan anak menjadi perhatian utama di program HighScope. Dalam pengaturan pembelajaran aktif, orang dewasa memperluas pemikiran anak-anak dengan beragam materi dan interaksi pengasuhan.

Ilustrasi. Holiday Program Sekolah HighScope IndonesiaDok. Sekolah HighScope Indonesia Ilustrasi. Holiday Program Sekolah HighScope Indonesia

Holiday Program dirancang dengan kegiatan yang membuat rasa ingin tahu membuat anak-anak aktif dengan mendapatkan pengalaman baru bersama teman-teman baru dan fasilitator berpengalaman.

Kegiatan yang dilakukan selama program liburan ini akan menjadi gabungan dari kegiatan luar kelas dengan mengunjungi berbagai tempat yang menarik dan kegiatan di dalam kelas dengan pendekatan HighScope.

Kegiatan akan diakhiri dengan "Family Fun Day" untuk program Early Childhood, yang akan mengajak para orang tua berpartisipasi untuk mengikuti berbagai permainan bersama anak.

Tahun ini, Sekolah HighScope Indonesia – TB.Simatupang membuka 2 program liburan, yaitu:

1. Early Childhood Educational Program untuk anak berusia 2,5 – 5 tahun, pada tanggal 2 - 6 Juli 2018, dengan beragam tema kegiatan menarik: Sound of Music, Pizza Maker, Pool Fun Activities, Field Trip to Branchsto dan Family Fun Day.

2. Elementary Program untuk anak yang berusia 6 -10 tahun, diadakan tanggal
9-13 Juli 2018, dengan tema kegiatan: About Me, Science Experiment, Outbound Field Trip to SkyWorld TMII, Music Studio dan Pizza Maker. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com