Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delegasi Beswan Djarum Rebut Dua Penghargaan Debat Internasional

Kompas.com - 19/07/2018, 18:29 WIB
Yohanes Enggar Harususilo,
M Latief

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini Djarum Foundation mengirim 10 mahasiswa Indonesia mengikuti kompetisi debat Asia-Pasific Model United Nation Conference (AMUNC) 2018 di University of New South Wales, Sidney, Australia, 8 - 12 Juli 2018.

AMUNC merupakan merupakan konferensi tahunan terbesar di kawasan Asia Pasifik yang melibatkan lebih 700 mahasiswa perguruan tinggi berbagai negara untuk berdebat tentang isu-isu internasional

1. Pengalaman internasional

"Sejak 2013 kami rutin memfasilitasi mahasiswa berprestasi guna memberikan kesempatan untuk aktif di kompetisi internasional," jelas Laksmi C Lestari, Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Hal itu, lanjut Laksmi, memberi kesempatan para mahasiswa penerima beasiswa Djarum atau biasa disebut Beswan untuk tidak hanya menjadi "jagoan kampus" di tempatnya belajar, namun juga berani berkiprah di ajang internasional.

Sebelum berangkat, 10 mahasiswa itu mendapat pembekalan intensif berupa pelatihan soft skill yang meliputi gambaran konferensi Model United Nation, simulasi sidang hingga mengasah kemampuan debat.

2. Meraih dua penghargaan

Pada AMUNC 2018 ini delegasi Djarum Foundation meraih dua penghargaan, yakni:

  • Best English as an Additional Laguage or Dealect (EALD) Delegation Award untuk level delegasi.
  • Outstanding Delegate untuk 3 anggota delegasi yaitu: Nur Pratama Abdi Muhammad (Universitas Airlangga), Indra Setiawan (Universitas Diponegoro) dan Irfan Muhammad Yusuf (Institut Teknologi Bandung). 

"Salah satu tantangan adalah bagaimana dalam pemilihan kata, di luar kata-kata yang sudah populer namun tetap diplomatis," jelas Abdi.

Baca juga: 700 Mahasiswa Yogyakarta Ikuti Proses Seleksi Djarum Beasiswa Plus

Pada kegiatan tersebut setiap delegasi mendapat tugas untuk berperan sebagai wakil dari negara lain atau organisasi tertentu. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa Indonesia.

"Tantangan lain adalah saat kita harus berperan dan mempertahankan kepentingan negara tersebut meski seringkali bertentangan dengan kata hati kita," jelas Aliya Alifadrianti, salah satu delegasi dari Unika Parahyangan.

3. Milenial melepas stigma

Delegasi Djarum Beasiswa Plus raih penghargaan di ajang AMUNC, Australia (8-12/7/2018)Dok. Kompas.com Delegasi Djarum Beasiswa Plus raih penghargaan di ajang AMUNC, Australia (8-12/7/2018)
Melalui AMUNC, para beswan Djarum Foundation mencoba melepaskan diri dari stigma negatif generasi milenial yang kerap dinilai sebagai generasi instan, egois dan 'gadget minded'.

"Untuk bisa tampil mewakili negara lain kami harus melalui riset panjang menggali permasalahan dan kebijakan dari negara tersebut," jelas Indra Setiawan dari Universitas Diponegoro.

Irfan dari ITB menambahkan melalui kegiatan ini para Beswan juga belajar menjadi pemimpin, namun tanpa jatuh pada godaan egois untuk mendominasi. 

Tidak berhenti pada program simulasi, para mahasiswa juga berkomitmen untuk membagikan pengalaman mereka melalui karya nyata.

"Saya banyak belajar melalui masalah yang saya angkat di model UN ini, yakni mengenai isu perempuan. Saya ingin membagikan kepada teman-teman lain untuk lebih memberdayakan perempuan dalam menghadapi isu-isu terkait perempuan," jelas Luthfia Rizki dari Universitas Padjajaran.

Para beswan Djarum Foundation sepakat menularkan pengalaman dan pengetahuan yang mereka peroleh ke ruang lingkup lebih luas lagi dan menjadi jati diri mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com