Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indra Beswan Djarum, Saat Semesta Mendukung di Ajang AMUNC Australia

Kompas.com - 25/07/2018, 20:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Bekerja di lingkup internasional telah menjadi impian Indra Setiawan, mahasiswa Universitas Diponegoro sejak pertama kali diterima sebagai mahasiswa Hubungan Internasional.

"Saya sadar betul untuk mencapai semua itu, usaha serta kemauan ekstra perlu saya miliki. Beruntung di tahun pertama perkuliahan, saya menemukan sebuah kegiatan yang mampu mengakomodir apa yang saya impikan dalam satu paket: Model United Nations (MUN)," cerita Indra kepada Kompas.com

1. Terus belajar dari kegagalan

Berawal dari keingintahuan serta inspirasi dari senior, saya memberanikan diri untuk mengikuti MUN pertama saya di tahun 2014. Saat itu Indra berpikir akan mendapat "Beginner’s Luck", sebuah istilah Paulo Coelho untuk menggambarkan keberuntungan pemula di awal percobaannya.

Namun hal itu sama sekali tidak terjadi.

Baca juga: Diba, Beswan Djarum Berjuang Lintas Ilmu di Ajang AMUNC 2018 Australia

Sejak saat itu, Indra bertekad terus mendalami Model United Nations dengan mengikuti MUN club di universitas. Berbagai konferensi MUN yang diselenggarakan universitas di Indonesia-pun diikuti untuk mengasah kemampuan.

2. Terpilih sebagai Beswan Djarum Foundation

"Tahun 2016 merupakan tahun sangat penting dalam kehidupan perkuliahan saya, karena Djarum Beasiswa Plus, beasiswa yang telah saya impikan dan persiapkan sejak lama, membuka pendaftaran," kenang Indra.

Kesempatan ini tidak boleh terlewatkan, tekat Indra waktu itu.  

Singkat cerita, Indra berhasil lolos hingga ke tahap wawancara, tahap paling menentukan dalam penerima beasiswa. Salah satu pertanyaan wawancara yang sampai saat ini Indra ingat adalah mengenai pencapaian apa yang ingin ia dapatkan ketika diterima.

"Saat itu saya mantap menjawab bahwa saya ingin menjadi delegasi Djarum Foundation untuk program MUN di tingkat internasional," ujarnya.

3. Kekuatan sebuah tekat

Suasana Pelatihan Intensif Delegasi Djarum Foundation untuk AMUNC 2018Dok. Djarum Foundation Suasana Pelatihan Intensif Delegasi Djarum Foundation untuk AMUNC 2018

"Saya utarakan dengan tegas bahwa itulah tujuan utama saya mendaftar beasiswa ini.
Saya percaya bahwa International Exposure merupakan jalan bagi saya untuk mempersiapkan masa depan saya," lanjutnya.

Bagaimana tidak, program ini hanya memilih 10 orang terbaik saja untuk mengikuti pelatihan intensif dan pergi ke negara yang jaraknya ribuan kilometer dari kampung halaman.

Sekali lagi, program ini sesuai dengan visi dan misinya untuk bekerja di dunia internasional, berinteraksi dengan individu beragam, dan melihat dunia lebih jauh.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com