Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Semangat Kakak Atlet, Semoga Bisa Harumkan Indonesia di Asian Games!"

Kompas.com - 26/07/2018, 19:46 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pada hari ini (26/7/2018), tidak kurang dari 100 sekolah dasar di Jabodetabek menyampaikan surat dukungan bagi para atlet nasional yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Tema "Sejuta Dukungan Untuk Indonesia" ini adalah salah satu kontribusi APP Sinar Mas melalui produk buku tulis, Sinar Dunia (SiDU), untuk menggalang dukungan masyarakat menyukseskan pesta olahraga bergengsi Asia tersebut. 

1. Memberi dampak emosional

Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia Imam Nahrawi yang hadir dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasinya.

“Saya sangat bangga melihat anak-anak kita yang masih duduk di bangku SD sudah tergerak menuliskan ribuan surat untuk mendukung para atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018," kata Imam.

Saya yakin, surat dukungan dari anak-anak kita ini akan memberikan dampak emosional kuat dalam membangun mentalitas bertanding para atlet, tambah Menpora.

"Saya berharap anak-anak lainnya di seluruh Indonesia terinspirasi untuk melakukan hal yang sama, yaitu memberikan dukungan dan doa untuk para atlet yang akan bertanding," ujarnya.

Baca juga: Inovasi Menjawab Tantangan Literasi Baca Anak Indonesia

Mewakili rekan atlet yang berlaga di Asian Games 2018, atlet nasional cabang bola basket Vincent Kosasih menyampaikan, “Membaca surat dukungan dari anak-anak Indonesia di program ‘Ayo Menulis Bersama SiDU!’ menginspirasi saya untuk semakin bersemangat mengharumkan nama bangsa."

Dukungan anak-anak ini menjadi motivasi utama saya untuk berjuang sebaik-baiknya di Asian Games 2018, tegas Vincent.

2. Pentingnya dukungan masyarakat

Dalam kesempatan yang sama, Cahyadi Wanda, Wakil Direktur Bidang Pendapatan INASGOC menegaskan pentingnya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dalam menyukseskan Asian Games 2018.

Panitia penyelenggara mengapresiasi inisiatif APP Sinar Mas melalui SiDU untuk menggalang dukungan masyarakat hingga ke tingkat siswa-siswi sekolah dasar.

Kami berharap momentum Asian Games 2018 dapat memperkuat semangat nasionalisme bangsa ini, khususnya generasi muda, untuk senantiasa mengharumkan nama Indonesia,” ujar Cahyadi.

Ribuan surat dukungan anak-anak untuk para atlet Indonesia tersebut merupakan bagian dari gerakan nasional ‘Ayo Menulis Bersama SiDU!”.

“Kami merasa terhormat dapat berkontribusi menumbuhkan nasionalisme generasi muda Indonesia di momentum Asian Games 2018 ini, salah satunya lewat gerakan nasional yang kami rintis untuk memperkuat budaya menulis pada anak,” ujar APP Sinar Mas Consumer Business Unit Head Sovan K. Ganguly.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com