Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Dibully Anak, Loh Kok Bisa? Bisa!

Kompas.com - 20/09/2018, 20:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pernah melihat anak yang berkata kasar pada orangtua? Atau bahkan bisa jadi kita pernah menyaksikan anak yang tidak dapat mengendalikan emosi dan merengek sambil memukuli orangtuanya.

Perilaku bullying atau merundung sebenarnya sangat mudah terlihat. Misalnya ketika anak berteriak-teriak karena permintaannya tidak dituruti, melemparkan barang-barang ke arah orangtua, mungkin disertai nada ancaman untuk membuat orangtua mengiyakan permintaan mereka, atau saat anak mempermalukan orangtua di depan umum dengan kata-kata yang tajam.

Bila akhirnya orangtua menyerah dan menuruti permintaannya, saat berarti orangtua sedang dibully oleh anak sendiri.

Dikutip dari Psychology Today, setiap situasi yang membuat orangtua  kehilangan kendali atas perilaku anak dan justru anak yang bisa mengendalikan orangtua, itu adalah kondisi anak sedang melakukan tindakan bullying. Itulah cara anak membully orangtua.

3 penyebab anak membully orangtua

Menurut Sean Grover, seorang psikoterapis, pola asuhan yang orangtua terapkan justru bisa jadi penyebab anak berperilaku sedemikian rupa. Ada tiga pola asuh yang mungkin memicu anak melakukan perundungan pada orangtuanya sendiri.

1. Rasa bersalah orangtua

Orangtua tipe ini merasa bersalah akibat suatu kesalahan yang pernah dilakukan atau ketidaksempurnaannya sebagai orangtua. Misalnya karena perceraian, suatu penyakit, atau kesulitan finasial.

Baca juga: Ini 6 Dampak Negatif Orangtua dengan Pola Asuh Lebay

Untuk mengurangi rasa bersalahnya, mereka memberikan kebebasan yang terlalu besar pada anak dan bahkan cenderung tanpa batas. Kebebasan ini akhirnya malah menjadi senjata makan tuan bagi orangtua.

2. Rasa cemas orangtua

Orangtua yang gampang cemas di mata anak akan terlihat seolah kurang kompeten atau kurang punya kendali. Karena melihat orangtuanya selalu cemas, anak pun akhirnya “mendesak” orangtua untuk mengambil keputusan dengan cara membully orangtua sendiri.

3. Rasa tidak tega orangtua

Orangtua tipe ini tidak tahan melihat anaknya kesusahan. Mereka akan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan atau kesulitan sang anak.

Memang niatnya baik, tapi ini dapat berakibat buruk. Karena merasa bahwa orangtua akan selalu menyelesaikan masalahnya dan melakukan apa pun untuknya, anak pun memanfaatkan orangtua agar selalu menuruti kehendaknya.

5 langkah mengatasinya

Lalu apa yang harus dilakukan orangtua agar hal ini tidak terjadi?

1. Memperbaiki pola asuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com