Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Permudah Birokrasi Mahasiswa Tadulako yang Ingin Kuliah Sementara

Kompas.com - 05/10/2018, 14:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) siap menerima mahasiswa Universitas Tadulako di Palu, Sulawesi Tengah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami untuk berkuliah sementara atau sit in di seluruh fakultas yang ada di UI.

Saat Kompas.com mengonfirmasi hal ini, Riffely Dewi Astuti Kepala Humas UI membenarkan hal tersebut. Bagaimana prosedurnya?

Cukup membawa kartu mahasiswa

"Silahkan mahasiswa yang bersangkutan mendaftar langsung ke Direktur Pendidikan UI di kampus UI Depok. Cukup membawa kartu mahasiswa Universitas Tadulako," jelas Riffely kepada Kompas.com.

Riffely menambahkan, dari situ mahasiswa yang bersangkutan akan dirujuk ke prodi yang terkait, sesuai dengan mata kuliah yang diambil di sana.

Baca juga: Berbela Rasa, UI Siap Terima Mahasiswa Tadulako Palu

Hal ini sejalan dengan komitmen Rektor UI Prof. Muhammad Anis untuk memberikan layanan birokrasi mudah dan menyenangkan bagi mahasiswa Universitas Tadulako yang terkena dampak bencana.

Tidak membatasi kuota 

“Duka yang dirasakan masyarakat Palu – Donggala dan wilayah lainnya, turut dirasakan pula oleh segenap Bangsa Indonesia, khususnya sivitas akademika UI," ujar Anis.

Anis menambahkan, untuk itu UI mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Kuliah Sementera atau “Sit in” yang diinisiasi Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Terkait hal ini, UI tidak memberikan batas kuota bagi mahasiswa Universitas Tadulako yang ingin mengikuti kuliah sementara atau sit in di UI.

"Tidak ada (batas) kuota. Bisa di semua fakultas, kecuali FK (Fakultas Kedokteran) hanya diperuntukan bagi mahasiswa yang sudah fase klinik atau co as," jelas Riffely.

Membuka kelas jarak jauh

Reffely menyampaikan, adapun fakultas yang tersedia di UI adalah: Fakultas Kedokteran Kedokteran Gigi Keperawatan Kesehatan Masyarakat Farmasi Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Pengetahuan Budaya Ekonomi dan Bisnis Psikologi Ilmu Administrasi Teknik Ilmu Komputer Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Program Vokasi (Diploma 3).

Khusus Fakultas Kedokteran, kelas sit in diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah masuk fase klinik. 

Lebih lanjut, dalam waktu dekat, UI juga akan menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) bagi 600 mahasiswa Universitas Tadulako dengan mata kuliah Hukum Kekayaan Intelektual.

 

Diharapkan segenap sivitas akademika Universitas Tadulako beserta institusi Pendidikan di wilayah yang terkena dampak bencana ini dapat segera pulih, diberikan kesabaran dan ketabahan serta keberlangsungan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan kembali dengan baik atas dukungan seluruh pihak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com