Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Untar Ke-72: Wisudawan Harus Beradaptasi pada Perubahan

Kompas.com - 22/10/2018, 15:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lulusan Universitas Tarumanagara (Untar) diimbau harus selalu peduli dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini terlebih di era digital.

Dengan demikian diharapkan kelak dapat bekerja lebih efisien dan efektif menghasilkan peluang-peluang baru dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa dan negara. 

Hal ini disampaikan Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan dalam sambutan pada wisuda ke-72 Untar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Minggu (21/10/2018). 

“Lulusan Untar harus selalu terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan di berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tertinggal kemajuan teknologi dan peradaban di bidang yang ditekuni”, tambahnya di hadapan para wisudawan.

Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan dalam sambutan pada wisuda ke-72 Untar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Minggu (21/10/2018). Dok. Untar Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan dalam sambutan pada wisuda ke-72 Untar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Minggu (21/10/2018).

Ia menambahkan, proses pembelajaran di Untar mengembangkan nilai integritas, profesionalisme dan entrepreneurship. Ketiga nilai tersebut sangat diperlukan dalam memasuki dunia profesi penuh tantangan sekaligus peluang.

Baca juga: Untar Berbagi Ilmu di Negeri Naga Kecil Asia

“Kami mengharapkan peran serta kalian secara aktif bagi bangsa dan negara, secara khusus bagi kemajuan Universitas Tarumanagara”, pesannya.

Hadir pula memberikan orasi Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Illah Sailah. 

"Dalam industri 4.0 yang sudah ada di depan mata akan banyak pekerjaan yang menjadi usang. Oleh karenanya semua prodi diharapkan juga memberikan pembelajaran bermuatan pemograman, coding, etika, moral dan seni dan budaya. Hal ini akan mendorong mahasiswa nantinya akan lulus dengan kriteria yang dibutuhkan yakni memiliki kemampuan problem solving dan memiliki pemikiran yang kristis," ujar Illah.

Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Illah Sailah hadir dalam wisuda ke-72 Untar di Jakarta (21/10/2018). Dok. Untar Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Illah Sailah hadir dalam wisuda ke-72 Untar di Jakarta (21/10/2018).

Tahun ini Untar mewisuda lebih dari 1.400 wisudawan berasal dari program S1, S2, dan S3 serta profesi dari delapan fakultas dan pasca sarjana.

Sudah menjadi tradisi pada setiap acara wisuda di Untar selalu menampilkan suasana dan nuansa budaya yang ada di Indonesia. Pada wisuda kali ini menampilkan budaya Provinsi Kalimantan Barat. Upacara wisuda ke 72 juga dihadiri pembina dan pengurus Yayasan Tarumanagara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com