Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untar Berbagi Ilmu di Negeri "Naga Kecil Asia"

Kompas.com - 04/10/2018, 15:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Agustinus Purna Irawan memberikan kuliah umum di depan mahasiswa Kun Shan University (KSU), Taiwan, minggu lalu. 

Dalam kuliah umum berjudul “Product Design and Development Based on Indonesia’s Potential”  Prof. Agustinus menyampaikan beberapa antara lain; dunia industri, budaya, regulasi hingga perkembangan perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu peluang-peluang bisnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu topik yang mengemuka di diskusi tersebut. Kuliah umum ini merupakan salah satu implementasi kerja sama kedua perguruan tinggi yang sudah terjalin.

Perpanjangan kerjasama

Saat menyampaikan materi kuliah, Prof. Agustinus melakukan dialog dengan peserta sehingga suasana menjadi lebih dekat dan akrab. Kuliah umum ini mendapat antusiasme mahasiswa dan dosen yang hadir. Mahasiswa KSU juga menanyakan mengenai kemungkinan melanjutkan studi di Indonesia termasuk di Untar

Baca juga: Creative Thinking Antar Untar Raih Juara Kompetisi Bisnis Nasional

Selain kuliah umum, dilakukan pula penandatanganan kerja sama antara Rektor Untar dan Vice President KSU Prof. Yueh Min Huang sebagai kelanjutan perjanjian yang telah dilakukan sebelumnya.

Prof. Yueh Min Huang menyatakan masih banyak potensi kerja sama bisa dilakukan kedua pihak, di antaranya program pelatihan mahasiswa dan studi lanjut bagi dosen. Selain itu, kerja sama ini juga dapat diperluas di berbagai bidang ilmu selain bisnis misalnya teknik dan ilmu lainnya.

Kolaborasi program

Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Agustinus Purna Irawan memberikan kuliah umum di depan mahasiswa Kun Shan University (KSU), Taiwan. Dok. Untar Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Agustinus Purna Irawan memberikan kuliah umum di depan mahasiswa Kun Shan University (KSU), Taiwan.

“Saat ini KSU merupakan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi internasional sehingga kedua perguruan tinggi dapat berkolaborasi untuk saling meningkatkan potensi yang dimiliki”, ujar Prof. Yueh.

KSU merupakan perguruan tinggi berakreditasi Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International yaitu organisasi profesional Amerika yang memberikan akreditasi ke sekolah-sekolah bisnis.

Rektor Untar berharap melalui penandatanganan kerja sama ini hubungan yang sudah terjalin dapat terus ditingkatkan melalui berbagai kegiatan dan program.

Kerjasama konferensi internasional

Untar dan KSU sudah melakukan kegiatan bersama di antaranya menyelenggarakan konferensi internasional bersama di bidang bisnis dan entrepreneurship dan mengirim mahasiswa Untar mengikuti program pelatihan entrepreneurship di kampus KSU.

Selain itu, saat ini juga ada dosen Untar yang sedang melanjutkan studi di kampus yang berlokasi di kota Tainan tersebut. Delegasi KSU juga sudah melakukan kunjungan ke Jakarta untuk bertemu langsung dengan dosen dan mahasiswa Untar.

Turut mendampingi Rektor dalam kunjungan di KSU, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Adianto serta Kepala Humas Paula Anggarina. Sedangkan saat penandatanganan kerja sama dari pihak KSU hadir Dean of Continuing and Extended Education Prof. Yueh Feng Chuang, Dean of Business and Management College Chin Chiuan Lin dan Director of Career Development Alumni Linda Lin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com