Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan 5 Universitas Ini Paling Dicari Perusahaan Internasional

Kompas.com - 19/11/2018, 11:51 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com — Pilihan perguruan tinggi bisa jadi akan turut menentukan karier kita pada masa mendatang.

Times Higher Education (THE) telah merilis lulusan universitas mana saja di dunia yang paling dicari perusahaan-perusahaan dunia, Rabu (14/11/2018).

Pemeringkatan ini didasarkan pada laporan HR consultancy Emergingdan telah memetakan 250 universitas di 41 negara, dari Amerika Serikat hingga Jepang. 

Berikut lima universitas yang paling banyak dilirik lulusannya oleh perusahaan internasional:

5. Universitas Stanford

Lokasinya yang dekat Silicon Valley menjadikan Stanford University adalah tempat persiapan bagi mahasiswa yang ingin masuk ke industri teknologi.

Baca juga: Terbaru, Daftar 10 Universitas Terbaik Asia Versi QS World 2019

Alumni Stanford telah mendirikan banyak perusahaan sukses, antara lain Google, Nike, Netflix, Hewlett-Packard, Sun Microsystems, Instagram dan Charles Schwab.

4. Universitas Cambridge

The University of Cambridge masih dianggap sebagai universitas terbaik dan paling elite di dunia. Sejarahnya yang panjang sejak didirikan abad ke-13 menjadikan universitas ini paling dicari lulusannya secara global

Tidak hanya untuk pengetahuan khusus, tetapi juga pembentukan karakter pribadi menjadikan Cambridge menjadi universitas favorit di Inggris selain Oxford.

3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Selain memiliki program terkenal di dunia, MIT juga menjadi pilihan karena menjanjikan peningkatan karier untuk mahasiswa lulusannya.

Banyak perusahaan memiliki keterlibatan signifikan dengan berbagai program dan penelitian di MIT sehingga memungkinkan mahasiswa dalam cakupan disiplin ilmu terlibat di dalamnya hingga saat menyelesaikan pendidikan.

Mahasiswa, alumni, dan anggota fakultas MIT banyak memainkan peran kunci dalam inovasi kewirausahaan, termasuk mengembangkan jaringan komputer canggih, mengamankan transaksi modal ventura, dan bioteknologi di banyak perusahaan internasional.

2. Institut Teknologi California

Tidaklah mengherankan bahwa Institut Teknologi California dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di dunia dan  juga merupakan favorit di kalangan pengusaha internasional.

Siswa diterima atas dasar kemampuan dan minat matematika, sains, dan teknik yang kuat sehingga menjanjikan dalam karier masa depan mereka.

Tidak hanya dasar-dasar di berbagai program studi sains dan teknik, mereka juga terbiasa dengan ragam teknologi paling inovatif untuk menghadapi tantangan yang dibutuhkan masyarat di masa depan.

Populasi mahasiswa MIT sangat kecil dibandingkan dengan perguruan tinggi lain—salah satu yang terkecil di dunia—dengan lebih dari 1.000 mahasiswa dan 1.200 pascasarjana. Komunitas yang dekat ini memungkinkan hubungan yang sangat baik antara tutor dan staf.

1. Universitas Harvard

Harvard University adalah kampus tertua dan paling terkenal di Amerika Serikat dengan reputasi yang telah diakui dalam menghasilkan lulusan yang cerdas dan terampil.

Lebih dari 30 kepala negara adalah alumni Harvard dan universitas ini juga telah melahirkan 48 peraih Nobel dan 48 pemenang Pulitzer.

Seperti banyak universitas yang disukai perusahaan internasional, Harvard juga memiliki sejarah panjang penelitian dan inovasi yang inovatif.

Banyak mahasiswa melakukan kegiatan ekstrakurikuler saat masih studi, mulai dari kegiatan olahraga hingga wirausaha yang memberikan mereka keterampilan penting untuk meraih sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com