Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: 3 Kemampuan Ini Harus Dimiliki Siswa "Zaman Now"

Kompas.com - 29/01/2019, 18:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan ada tiga kemampuan yang harus dimiliki siswa di era rovolusi industri saat ini, yakni kemampuan berbahasa, kemampuan kempimpinan dan kemampuan digital. 

Hal ini disampaikan Ridwan Kamil dalam pembukaan acara "Edu Passion" dan peresmian ruang laboratorium SMAN 3 Bandung, Kamis (24/1/2019).

“Penguasaan tiga kemampuan telah menjadi kewajiban karena merupakan kebutuhan dalam proses adaptasi yang dilakukan dengan keadaan saat ini,” ujar Ridwal Kamil seperti dilansir dari laman Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Ia menjelaskan saat ini unggul di bidang koginitif saja tidak cukup, sehingga penguasan tiga kemampuan tersebut harus ditingkatkan.

Baca juga: Guru Harus Menginspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

 

Gubernur pun mencontohkan penguasaan di bidang digital. “Siswa harus paham, manfaatkan dan menguasai internet off things, sistem pemograman, aplikasi dan bidang lainnya,” tuturnya.

Selain itu, kemampuan berbahasa asing pun menjadi sesuatu yang harus dikuasi siswa sebagai sarana menjalin komunikasi. Terakhir, Gubernur Jabar ini menekankan pentingnya kemampuan kepemimpinan yang bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan.  

“Jika kalian mempunyai jiwa kepemimpinan, kalian akan tahu kapan harus bertindak tegas, kapan harus bertindak lembut dan selalu menjadi pribadi yang tenang,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika. Kadisdik mengapresiasi peresmian gedung tersebut dalam rangka meningkatkan akreditasi dan standar mutu pendidikan di sekolah tersebut.

“Semoga anak-anak semakin termotivasi dengan adanya fasilitas ini,” ucapnya.

Kadisdik juga mengimbau agar satuan pendidikan segera melakukan persiapan guna menghadapi Ujian Nasional Berbasis Kompoter (UNBK) yang akan dilaksanakan Maret 2019 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com