Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Gelar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di "Citarum Expo"

Kompas.com - 20/02/2019, 13:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) menampilkan karya dan produk inovasi dalam Pameran Citarum Expo 2019 di Gedong Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Selasa (19/2/2019).

Rangkaian arya dan produk tersebut merupakan wujud nyata peran ITB dalam program Citarum Harum yang telah dicanangkan pemerintah sejak lama.

Pada pameran tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-ITB), menampilkan 7 poster hasil penelitian para pakar ITB dan mahasiswa yang tergabung dalam Tim Satgas Terpadu ITB Restorasi Citarum Harum selama satu tahun pada 2018. 
 
Salah satu poster ditampilkan ialah kegiatan Lembaga Kemahasiswaan dalam program KKN Tematik di Desa Cihea, Kabupaten Cianjur. Tiga alat peraga juga turut dipamerkan dalam acara tersebut.

Aspek penelitian dan pendidikan

Berbagai kegiatan ITB dalam rangka mewujudkan program Citarum Harum telah dilakukan, baik dari aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
 
Dikutip dari laman berita ITB, beberapa kegiatan tersebut yakni;
 
(1) Melakukan pengolahan air limbah DAS Citarum menggunakan sistem resirkulasi akuakultur (RAS) untuk produksi ikan air tawar.
 
 
(2) Pelatihan komposting sampah rumah tangga dan pembagian komposer untuk masyarakat.
 
(3) Melakukan pelatihan pemetaan udara.
 
(4) Perancangan dan aplikasi model agroforestri untuk pengelolaan lahan produktif rendah erosi di Sub DAS Cikundul
 
(5) Melakukan penaman 1.000 bibit pohon sengon, bibit jagung, kacang, dan ubi di Desa Cinangsi.
 
(6) Seminar nasional bertajuk strategi pengelolaan terpadu penyelesaian permasalahan DAS Citarum dengan menghadirkan 9 narasumber dari berbagai bidang yang diselenggarakan Forum Guru Besar ITB.
 
Tugas analisis dan kajian

Pada saat pameran, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Kab Bandung Dadang M Naser turut meninjau langsung stand ITB.

Menteri, Gubernur dan Bupati mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan ITB selama ini untuk program Citarum Harum.

"Tim Satgas Terpadu ITB Restorasi Citarum Harum memiliki tugas untuk melakukan analisis dan kajian mengenai penataan DAS Citarum di daerah yang dipilih, memberikan usulan dan rekomendasi dalam rencana penanganan Program Citarum Harum, dan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak di pemerintah pusat dan pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga riset, industri, dan organisasi non-pemerintah serta pihak-pihak terkait lainnya dalam program Citarum Harum," ujar Miming Miharja Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi ITB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com