Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Orang Muda ASEAN untuk Penguatan Masyarakat

Kompas.com - 25/02/2019, 21:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - ASEAN Foundation dan Maybank Foundation mengumumkan hampir 100 pemuda program "eMpowering Youths Across ASEAN" telah memulai misi mereka membuat perubahan di 10 area komunitas di Kamboja, Indonesia dan Malaysia.

Para agen perubahan ini diberangkatkan secara serentak ke 3 negara tersebut pada 16 Februari 2019.

"Program eMpowering Youths Across ASEAN adalah program kemitraan antara Maybank Foundation and ASEAN Foundation yang mencakup pembimbingan, pelatihan kepemimpinan tingkat regional, dan pelaksanaan proyek penguatan masyarakat di berbagai negara ASEAN," jelas Anthoni Octaviano, Communication Manager ASEAN Foundation kepada Kompas.com (24/2/2019).

Program ini menargetkan agar proyek-proyek berbasis masyarakat yang dicetuskan anak muda ASEAN dapat bertransformasi dalam beberapa tahun ke depan menjadi social enterprise terdepan di Asia Tenggara.

 

Menyalurkan energi positif 

Program ini kini berada dalam tahap genting karena para anak muda ditantang memanfaatkan pelatihan manajemen proyek dan pemberdayaan masyarakat yang mereka terima dalam lokakarya beberapa waktu lalu di Bangkok untuk menyukseskan pelaksanaan komunitas proyek melalui kolaborasi dengan organisasi masyarakat sipil setempat.

Baca juga: Sri Mulyani: Soal Unicorn di ASEAN, Indonesia Dianggap Negara Maju...

“Kami sangat senang karena kemitraan dengan ASEAN Foundation ini memberikan kesempatan kepada kami untuk berkontribusi terhadap ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint 2025 dan United Nations Sustainable Development Goals," ungkap Shahril Azuar Jimin, Chief Executive Officer Maybank Foundation.

Ia menambahkan, pihaknya percaya program ini dapat menjadi wadah anak muda menyalurkan energi dan kreativitas untuk hal-hal menantang dan positif yang berguna bagi masyarakat. 

"Termasuk dalam mendorong jiwa kesukarelaan dan kedermawanan, dan menghasilkan solusi inovatif untuk semua tantangan sosial-ekonomi sambil membawa kebaikan untuk masyarakat,” tambahnya.

4 tema besar program 

Proyek-proyek komunitas yang diciptakan anak muda ini mencakup topik-topik seputar sosial, ekonomi, dan lingkungan, seperti pengelolaan sampah, pertanian berkelanjutan, pariwisata berkelanjutan, dan penguatan kompetensi untuk para pendidik.

Semua proyek ini mewakili 4 tema besar dari program "eMpowering Youths Across ASEAN", yaitu seni dan budaya, penguatan masyarakat, pendidikan, dan keanekaragaman lingkungan.

Tidak kurang dari 10 OMS di Kamboja (Color Silk, Khmer NGO for Education, dan Save the Earth Cambodia), Indonesia (PT. EWINDO, Taman Baca Pelangi, Yayasan Bina Usaha Lingkungan, dan Toraja Melo), dan Malaysia (EcoKnights, Backyard Tour, dan Kakiseni) telah berkomitmen membantu pelaksanaan proyek ini selama 2 minggu

Tidak hanya itu, mereka juga memastikan proyek yang diinisiasi para pemuda dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat jangka panjang.

“Kami sangat senang mengetahui bahwa mobilisasi para anak muda berlangsung dengan lancar. Kami berharap bahwa kolaborasi antara para anak muda, OMS, dan masyarakat dapat memberikan dampak yang baik dan berkelanjutan kepada masyarakat,” ungkap Elaine Tan, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation.

Kesempatan maju bersama

Ia melanjutkan, “Kami tidak sabar untuk melihat efek jangka panjang dari kerjasama dan kemitraan yang baik dari semua pihak terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan di Kamboja, Indonesia, dan Malaysia. Kami berharap ini menjadi awal dari terealisasinya cita-cita ASEAN, di mana semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk maju.”

"Program eMpowering Youths Across ASEAN memberika kesempatan yang langka kepada kami untuk dapat melatih dan membimbing anak-anak muda terbaik ASEAN sehigga mereka dapat terlibat penuh dalam perencanaan, pembuatan, dan pelaksanaan proyek serta dalam mengukur dampak dari proyek tersebut,” ujar Abby Latif dari Kakiseni.

Program eMpowering Youths Across ASEAN adalah lanjutan dari program percobaan Maybank dan Maybank Foundation yang dimulai di Singapura pada tahun 2016 dan melibatkan lebih dari 200 mahasiswa universitas-unversitas terbaik di Singapura.

Program ini bertransformasi menjadi inisiatif tingkat regional untuk menjangkau lebih banyak anak muda di ASEAN untuk memberikan dampak lebih besar lagi. Program ini di antaranya berperan dalam membantu tercapainya tujuan-tujuan yang tercetus dalam ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint 2025 dan United Nations Sustainable Development Goals.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com