Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMK Jabar Raih Juara Rafting Internasional 2019 di Australia

Kompas.com - 29/05/2019, 23:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Siswa Jawa Barat meraih Juara II dalam ajang "World Rafting Championship (WRC) Australia 2019" yang merupakan bagian dari tim Indonesia kategori U-19 di Tully, Queensland, Australia pada pertengahan Mei 2019.

Dua siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ar-Rahmah Kabupaten Cianjur, Muhammad Ramdan Rudiyana dan Rizky Hidayat merupakan bagian dari tim olahraga ketangkasan tersebut.

Atas prestasi tersebut, pihak sekolah memberikan penghargaan berupa beasiswa pendidikan.

Kepala SMK Ar-Rahmah, Halida Indriati mengaku bangga atas prestasi internasional yang diraih kedua siswanya. Ini mengulang prestasi yang pernah diraih pada tahun sebelumnya yang juga meraih juara II di "World Rafting Championship 2018" di Jepang.

Berangkat dari klub

“Kami ikut bangga karena siswa kami dapat mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. Alhamdulillah, prestasi tersebut bisa terwujud,” ujarnya seperti diwartakan laman resmi DInas Pendidikan Jawa Barat (28/5/2019).

Baca juga: 3 Perusahaan Siswa SMA dan SMK Ini Ciptakan Produk Anti-Mainstream

Kedua siswa tersebut tergabung dalam klub rafting KAPINIS guna mewadahi hobi dan bakat siswa. Dari klub itu lah, keduanya berlatih dan mengikuti banyak ajang perlombaan, mulai tingkat nasional hingga internasional.

“Selain dukungan penuh dari sekolah, poin terbesar keberhasilan mereka tak lepas dari solidnya klub yang menaungi anak-anak untuk terus berlatih. Itu modal utamanya,” tambahnya.

Dispensasi KBM

Indri pun mengerti risiko kedua siswanya mempersiapkan diri menghadapi ajang tersebut, seperti harus melewatkan waktu belajar di kelas. Sehingga, ia pun membuat kebijakan tersendiri guna menunjang prestasi siswanya itu.

“Mendekati waktu kejuaraan, kami beri mereka dispensasi untuk berlatih. Kegiatan belajar mengajar (KBM) susulan pun dilakukan sambil dibimbing guru. Hal ini sudah didiskusikan dengan orang tua siswa dan pihak klub. Anak-anak ini pun termasuk siswa yang cerdas,” tuturnya.

Indri berharap, prestasi siswa kelas XI tersebut mampu memotivasi siswa lainnya mengharumkan nama sekolah, bangsa, dan negara. Karena keberhasilan akan diperoleh bagi mereka yang sungguh-sungguh memperjuangkannya,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com