Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2019, 15:19 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia menawarkan beragam jurusan atau program studi. Pendaftaran telah dibuka dalam beberapa bulan ini, bahkan ada yang sudah melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

Persaingan pun terjadi di antara lulusan SMA, SMK, atau yang sederajat untuk bisa masuk ke kampus pilihannya masing-masing sesuai bakat, minat, dan kemampuan. Sejumlah jurusan favorit tentunya banyak diminati calon mahasiswa baru, tetapi karena daya tampungnya terbatas sehingga mereka harus bersaing ketat.

Begitu pula di bidang teknik. Beberapa jurusan yang difavoritkan misalnya teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik arsitektur.

Selain itu, ada jurusan lain yang peminatnya kurang, tetapi sebenarnya memberikan peluang kerja yang cukup menjanjikan setelah lulus nanti.

Baca juga: 3 Jurusan Bidang Kesehatan Ini Sangat Dibutuhkan tapi Sepi Peminat

Selama kita merasa mampu, tidak ada salahnya mencoba kuliah di jurusan tersebut. Sebab, sedikitnya peminat tentu memberikan kesempatan lebih besar untuk diterima.

Apa sajakah jurusan teknik tersebut? Simak rinciannya sebagai berikut, seperti disarikan dari berbagai sumber:

1. Jurusan Teknik Kelautan

Tidak banyak orang yang berminat masuk jurusan ini, padahal lulusannya masih terus dibutuhkan dalam dunia kerja.

Mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan mempelajari tentang sistem konstruksi di tengah laut atau biasa disebut anjungan lepas pantai.

Mereka belajar tentang desain konstruksi bangunan, perpipaan, dan hal lain yang berhubungan dengan itu.

Biasanya pekerjaan itu dilakukan di perusahaan pertambangan minyak dan gas. Karena lulusan dari teknik kelautan masih sedikit, tentunya gaji yang ditawarkan pun cukup besar.

2. Jurusan Perpipaan

Jurusan ini pun masih jarang diketahui banyak orang. Ilmu yang dipelajari adalah mengenai sistem perpipaan dan penerapannya dalam dunia industri.

Lulusan dari jurusan ini biasanya dibutuhkan di pabrik-pabrik, lokasi pertambangan minyak dan gas, serta kompleks bangunan berukuran luas.

Maka dari itu, lulusan dari jurusan ini berperan cukup penting dalam dunia industri karena berpengaruh dalam sistem produksi barang.

3. Jurusan Teknik Perkapalan

Sama halnya dengan dua jurusan yang disebut di atas, teknik perkapalan pun masih belum banyak yang mengenalnya.

Namun, bukan berarti karena sepi peminat sehingga jurusan ini tidak prospektif. Justru banyak lulusannya ditunggu oleh perusahaan perkapalan serta tambang minyak dan gas dan dijanjikan penghasilan besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com