Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelas Karyawan Kampus Ini Tawarkan Konsep Berbeda untuk Karyawan Sibuk

Kompas.com - 29/08/2019, 09:14 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Kebutuhan para karyawan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi membuat sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta menyediakan program khusus kelas karyawan.

Salah satunya yaitu Universitas Budi Luhur (UBL). Kampus swasta di Jakarta ini menyelenggarakan kelas karyawan untuk mendukung peningkatan karier dengan waktu kuliah di luar jam kerja pada umumnya.

Program ini ditujukan untuk jenjang pendidikan S1 dan S2, baik untuk mahasiswa reguler maupun mahasiswa pindahan dan alih jenjang.

Deputi Rektor Bidang Inovasi dan Teknologi UBL Hari Soetanto mengatakan, perbedaan kelas karyawan di UBL dibanding kampus lain yaitu menerapkan konsep e-learning.

Konsep e-learning

“Kami memakai teknologi e-learning yang dibuat sendiri dengan memanfaatkan artificial intelligence. Itu keunggulannya,” kata Hari saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/8/2019).

Mahasiswa menggunakan metode e-learning itu untuk mendapatkan materi kuliah dan melakukan diskusi dengan dosen pembimbing.

Baca juga: Siapa Orang yang Cocok Kuliah Kelas Karyawan?

Adapun jumlah SKS yang harus diikuti setiap mahasiswa dalam program ini minimal sesuai peraturan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), yaitu 144 SKS.

Hari mengungkapkan, jumlah rata-rata orang yang menjadi mahasiswa peserta program kelas karyawan ini mencapai 1.000 orang setiap tahun.

“Bisa 1.000 orang per tahun, malah bisa lebih. Kadang pendaftaran dihentikan karena kapasitasnya terbatas,” imbuhnya.

Prodi pilihan

Ada sejumlah program studi yang dibuka, yaitu:

Teknologi Informasi
- Sistem Informasi
- Enterprise System
- Tecnopreneurship
- Teknik Informatika
- Network and Web Security
- Programming Expert

Ekonomi Bisnis
- Akuntansi
- Akuntansi Manajemen
- Pengauditan
- Manajemen
- Pemasaran
- Keuangan
- Sumber Daya Manusia

Ilmu Komunikasi
- Broadcast Journalism
- Public Relations
- DKV (Desain Komunikasi Visual)
- Komunikasi Pariwisata

Teknik
- Elektro

Ilmu Sosial dan Politik
- Hubungan Internasional
- Kriminologi

Penutupan pendaftaran

Sesuai keterangan di laman resmi UBL, pendaftaran kelas karyawan UBL yang saat ini masih berlangsung yaitu dari tanggal 24 Juni 2019 sampai 30 Agustus 2019. Nantinya kuliah perdana dilakukan pada 31 Agustus 2019.

Kelas itu diadakan pada Senin sampai Jumat pukul 19.00 hingga 21.00 WIB, Sabtu pagi pukul 08.00 hingga 14.30 WIB, dan Sabtu sore pukul 14.30 hingga 21.00 WIB. Semua kelas tersebut dilakukan menggunakan metode e-learning.

Adapun pendaftaran bisa dilakukan pada Senin sampai Jumat pukul 08.30 hingga 19.00 WIB dan Sabtu pukul 08.30 hingga 15.00 WIB.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai pendaftaran, biaya kuliah, dan keterangan lain, silakan mengakses langsung laman resminya di https://www.budiluhur.ac.id/studi-program/program-khusus/executive-class/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com