Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinergi Samsung Indonesia dan Kemendikbud Perkuat Pendidikan Digital

Kompas.com - 23/09/2019, 18:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mendukung peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, Samsung Electronics Indonesia dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia hari ini menandatangani kesepakatan “Samsung Indonesia Cerdas”.

Sinergi kemitraan pemerintah dan swasta bidang pendidikan ini berfokus pada peningkatan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik.

Kesepakatan "Samsung Indonesia Cerdas" ditandatangani hari ini (23/09/2019) oleh JaeHoon Kwon, (President PT Samsung Electronics Indonesia) dan Didik Suhardi (Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). 

Perjanjian kemitraan meliputi; (1) penyelarasan kurikulum, (2) pengembangan proses pembelajaran dengan pemanfaatan gadget dan sistem elektronik, (4) pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan, serta (5) perekrutan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai kebutuhan industri.

Dukungan strategis pendidikan berbasis teknologi

"Kami mendukung pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan membangun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, serta mendorong kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik dan sesuai dengan generasi zaman sekarang, yaitu para digital native," ujar Jae Hoon Kwon, President PT Samsung Electronics Indonesia.

Jae Hoon Kwon mengaku pihaknya senang dapat memperkuat kemitraan dengan Kemendikbud melalui perjanjian kerjasama yang ditandatangani hari ini sehingga dapat memberikan dukungan lebih strategis.

Baca juga: Digitalisasi Sekolah, Kemendikbud Beri 1,7 Juta Komputer ke 36.000 Sekolah

 

Ia menjelaskan program pendidikan di bawah "Citizenship Samsung" telah dimulai intensif sejak tahun 2013, di antaranya program Samsung Tech Institute (STI) untuk SMK meliputi penyelarasan kurikulum serta pelatihan guru, dan program "Samsung Smart Learning Class (SSLC)", yang memperkenalkan fasilitas kelas pintar berbasis teknologi di sekolah.

"Hingga kini ada 69 SMK yang telah mengadopsi program STI dan 8 SMA,1 SD, 1 SMP, dan IGI yang telah memiliki fasilitas SSLC dan akses pembelajaran digital. Kami berharap kemitraan dengan pemerintah ini dapat membuka kesempatan yang lebih luas agar lebih banyak sekolah, guru, maupun murid bisa mendapatkan manfaat dari program-program kami,” papar Jae Hoon Kwon.

Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi menyambut baik kemitraan Kemendikbud dan Samsung, “Kemitraan strategis Publik dan Swasta menjadi salah satu fokus kami saat ini dan kami menyambut baik kemitraan dengan Samsung melalui program Samsung Indonesia Cerdas, karena dengan dukungan pihak swasta seperti inilah, kualitas pendidikan di Indonesia dapat lebih maksimal peningkatannya."

"Kami berharap sinergi ini dapat meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, dan membantu menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia,” tambah DIdik.

Penguatan revitalisasi SMK dan kompetensi guru

Melalui ?Samsung Indonesia Cerdas?, Samsung menghadirkan talk show pentingnya dukungan teknologi dalam proses pembelanjaran generasi masa kinimenghadirkan Najelaa Shihab (Psikolog dan Pendidik), KangHyun Lee (Vice President Samsung Electronics Indonesia) dan Hendriawan Widiatmoko (Kepala Sub Bidang Aplikasi dan Perancangan Kemendikbud).DOK. SAMSUNG ELECTRONICS INDONESIA Melalui ?Samsung Indonesia Cerdas?, Samsung menghadirkan talk show pentingnya dukungan teknologi dalam proses pembelanjaran generasi masa kinimenghadirkan Najelaa Shihab (Psikolog dan Pendidik), KangHyun Lee (Vice President Samsung Electronics Indonesia) dan Hendriawan Widiatmoko (Kepala Sub Bidang Aplikasi dan Perancangan Kemendikbud).

Masih tingginya angka pengangguran di SMK telah mendorong pemerintah melakukan revitalisasi SMK.

Samsung telah secara aktif mendukung program ini sejak tahun 2017 lewat program "Samsung Tech Institute" yang menyediakan kurikulum dan materi pelatihan perbaikan alat-alat elektronika untuk SMK, seperti perbaikan TV, smartphone, dan peralatan elektronik rumah tangga sejajar dengan keterampilan dasar yang ditetapkan Samsung Service Center.

Selain penyelarasan kurikulum, Samsung juga memfasilitasi praktek kerja lapangan (PKL) maupun penempatan kerja lulusan STI di Samsung Service Center dan afiliasinya, sesuai dengan kebutuhan industri.

Tercakup dalam program Samsung Indonesia Cerdas yang ditandatangani hari ini adalah pelatihan guru dan tenaga kependidikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com