Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berkarier di Industri Teknologi? Kuasai 6 Kompetensi Ini

Kompas.com - 08/11/2019, 20:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memilih karir industri teknologi dan kreatif di era industry 4.0 memiliki tantangan tersendiri. Selain harus kreatif, sering berlatih, networking luas, seseorang juga harus memiliki skill  mumpuni.

Hal ini menjadi pembahasan seru dalam acara WHIMTalk di Kampus Universitas Multimedia Nusantara (22/10/2019) lalu. Kegiatan yang diikuti lebih dari 200 mahasiswa ini diinisiasi WHIM, perusahaan manajemen bakat bekerjasama dengan EVOS Esports dan Forest Interactive.

Yoseph Wijaya, Head of Product Development Forest Interactive mengatakan revolusi industri 4.0 tidak dapat menggantikan manusia dengan robot.

Yoseph menambahkan bagi mahasiswa yang tertarik masuk ke dunia teknologi, setidaknya memperhatikan enam skill ini agar dapat menyesuaikan dengan laju industri teknologi yang sangat cepat:

1. Big data analytics

Big Data Analytics mengacu pada strategi menganalisis volume data yang besar, atau big data. Big data ini dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk media sosial, video, gambar digital, sensor, dan catatan transaksi penjualan. Melalui skill ini, seseorang dapat menemukan keunggulan atas pesaing mereka dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Baca juga: Era Revolusi 4.0, Kedokteran Gigi Perlu Kuasai 4 Kompetensi Teknologi

2. Machine learning

Suatu metode yang dapat membuat program yang bisa mempelajari suatu set data sehingga sistem tersebut dapat memutuskan apa yang akan menjadi output berdasarkan data yang sebelumnya telah dipelajari.

3. Cloud computing

Skill ini adalah praktik dalam menggunakan jaringan server jarak jauh yang di-host di Internet untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data.

4. Agile Methodology

Metode manajemen proyek pengembangan perangkat lunak yang menggunakan prinsep pengembangan jangka pendek dalam waktu singkat yang dapat beradaptasi dengan bentuk perubahan apapun.

5. Computational Thinking Decision Making

Sistem/cara pengambilan keputusan suatu solusi dari permasalahan kompleks dengan cara menguraikan masalah menjadi sub-masalah yang lebih kecil, mencari pola bagaimana masalah terbentuk, fokus pada detail masalah dan membangun langkah-langkah terstruktur untuk memecahkan masalah tersebut.

6. Internet of Things (IoT) Platforms

Suatu teknologi yang memungkinkan perangkat elektronik untuk terhubung ke internet dan melakukan komunikasi data dengan perangkat lain dan membentuk suatu sistem interkoneksi terpadu yang memungkinkan manusia untuk memantau, mengakses, dan mengendalikan perangkat tersebut secara real time.

Dalam penutup sesi seminar Yoseph menambahkan tips bagi mahasiswa yang ingin terjun ke dunia teknologi, kreatif, dan esports. “Update knowledge, perbanyak resource, improve skills dan bangun networking seluas-luasnya”, pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com