Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra dan Dunia Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia

Kompas.com - 28/11/2019, 10:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Pendiri Ciputra Group, Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019) pukul 01.15 waktu setempat. Ciputra meninggal di usia 88 tahun.

Ciputra semasa hidupnya dikenal peduli dengan dunia pendidikan di Indonesia. Ciputra punya komitmen untuk pengembangan sikap dan keterampilan kewirausahaan di generasi muda Indonesia.

Konsentrasi kepedulian Ciputra untuk pendidikan dirangkum dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bernama Ciputra Education. Ciputra ingin mendorong kewirausahaan sebagai kunci untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dikutip dari website Ciputra.com, Ciputra Education ingin menekankan pentingnya kewirausahaan secara luas diakui hari ini sebagai keterampilan positif untuk dikembangkan melalui pembelajaran seumur hidup, dan pembelajaran pengalaman.

Ciputra Education

Ciputra mengelola beberapa institusi pendidikan dari TK hingga Universitas. Sekolah-sekolah yang dikelola oleh Ciputra adalah Sekolah Citra Kasih dan Sekolah Citra Berkat, Sekolah Ciputra Raya, Don Bosco serta Yayasan Jaya Raya.

Baca juga: Citra Kasih Don Bosco dan Upaya Mewujudkan Mimpi Ciputra Melahirkan 2 Juta Entreprenuer

Adapun beberapa universitas yang dikelola Ciputra ialah Tarumanegara, Prasetya Mulya, dan University of Ciputra.

Selain itu, ia juga menduduki jabatan sebagai dewan penyantun di beberapa universitas, di antaranya ialah Sam Ratulangi di Sulawesi Utara, Universitas Kristen Petra di Surabaya, dan beberapa lagi lainnya.

Ciputra Education dalam mencapai visi untuk mendorong pendidikan kewirausahaan di Indonesia memiliki sejumlah prioritas.

Pertama, Ciputra mempromosikan pengembangan kualitas pribadi yang relevan dengan kewirausahaan, seperti kreativitas, pengambilan risiko dan tanggung jawab.

Kedua, Ciputra meningkatkan kesadaran siswa tentang wirausaha sebagai pilihan karir. Ketiga, memberikan siswa dengan peluang untuk mengembangkan dan menampilkan keterampilan teknis dan bisnis yang penting dalam kegiatan kewirausahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com