Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2019, 16:34 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang Strata Satu (S1) di Universitas Indonesia lewat jalur SBMPTN, bersiaplah untuk menyiapkan diri.

Universitas Indonesia sudah mengumumkan jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UI Program S1 dan Vokasi tahun akademik 2020/2021.

Bagi kamu yang tidak memenuhi syarat mendaftar melalui jalur prestasi akademik, misalnya tidak masuk pemeringkatan prestasi akademik atau telah lulus tahun sebelumnya, dapat mendaftar di jalur ujian tulis.

Pembatasan tahun lulus SMA/Sederajat hanya berlaku untuk S1 Reguler (maksimal 3 tahun) dan S1 Kelas Internasional (5 tahun). Untuk Program Vokasi dan S1 Paralel menerima alumi SMA/Sederajat tanpa batasan tahun lulus SMA/Sederajat.

Universitas Indonesia sendiri menyediakan 40 persen dari total kuota Penerimaan Mahasiswa Baru. Kamu nantinya akan menempuh UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer).

Baca juga: Ini Dia Jalur Masuk Kuliah UI 2020, Lengkap dengan Kuota dan Jadwal

Adapun UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Materi tes dari UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TKA).

Kelompok ujian dari UTBK terdiri atas tiga jenis, yaitu Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan campuran (IPC). Pelaksanaan tes dilakukan selama 7 hari dengan 14 sesi, yaitu 2 sesi setiap harinya.

Kelompok ujian Saintek memiliki materi ujian berupa TPS dan TKA Saintek yang terdiri atas Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Alokasi waktu pengerjaannya adalah 180 menit.

Untuk kelompok ujian Soshum memiliki materi ujian berupa TPS dan TKA Soshum yang terdiri atas Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Alokasi waktu pengerjaannya adalah 180 menit.

Nah, supaya lebih siap menghadapi SBMPTN tentunya kamu mesti mempersiapkan diri. Berikut nih jadwal SBMPTN di UI seperti dikutip dari Instagram Universitas Indonesia.

SBMPTN

1. Registrasi akun LTMPT: 7 Februari - 5 April 2020

2. Pendaftaran UTBK: 30 Maret - 11 April 2020

3. Pelaksanaan UTBK: 20-26 April 2020

4. Pengumuman hasil UTBK: 12 Mei 2020

5. Pendaftaran SBMPTN: 2 - 13 Juni 2020

6. Pengumuman hasil: 30 Juni 2020

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com