Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Sekolah di Rumah? Tenang, Ini 10 Kegiatan Asyik Bisa Dilakukan

Kompas.com - 28/12/2019, 15:21 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika kamu tak ada rencana liburan sekolah atau akhir tahun dengan travelling, maka tak perlu berkecil hati. Sebab, ada cara lain untuk menikmati liburanmu di rumah.

Liburan itu tidak harus bepergian atau jalan-jalan. Tapi, liburan adalah saat di mana kamu berhenti sejenak selama beberapa hari dari aktivitas sekolah ataupun kuliah.

Ingin tahu kegiatan asyik selama liburan di rumah? Berikut rangkuman dari Rencanamu.id, 10 kegiatan asyik di rumah.

1. Bermain

Saat yang tepat untuk bermain adalah waktu hari libur. Jadi, isi liburanmu dengan bermain bersama teman atau keluarga. Banyak permainan yang bisa dimainkan. Misalnya monopoli, kartu uno, atau yang lain.

Baca juga: Jangan Kerja Terus, Ayo Liburan dan Rasakan Manfaat Berikut...

2. Nonton TV

Ketika kemarin sibuk kegiatan di sekolah/kampus, kini saatnya meluangkan waktu nonton acara favorit di TV. Nonton TV bisa digabung dengan konten-konten menarik di Youtube.

3. Maraton film

Di rumah bisa melakukan hal-hal apa saja. Jika ingin menghabiskan waktu liburan di rumah, maka bisa maraton nonton film kesukaanmu. Atau bisa pula nonton drama Korea dan film-film serial lainnya.

4. Membuat kerajinan

Daripada menganggur, ada baiknya kamu coba buat benda-benda unik seperti kerajinan. Bisa gantungan kunci, boneka, tempat pensil atau benda lainnya. Selain bisa koleksi, kamu tentu dapat mengembangkan kreativitasmu.

5. Melakukan hobi

Baca juga: 7 Tempat Wisata Edukasi di Yogya Menarik saat Liburan Sekolah

Jika kamu suka hobi sesuatu, maka saat liburan inilah kamu bisa manfaatkan. Melakukan hobi seperti berolahraga, baca buku, memasak, melukis bisa dilakukan sekarang. Tentu melakukan hobi di hari libur ini bisa membantu kamu menghilangkan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari.

6. Buat aneka makanan

Bagi kamu yang suka makan, coba di hari liburmu ini untuk membuat sendiri makanan kesukaanmu. Ini bisa dilakukan bersama temanmu. Apalagi sudah jadi dan dimakan bareng-bareng, pasti mampu menambah kebersamaan.

7. Mendekorasi kamar

Coba kamu dekorasi kamar agar lebih menarik. Hal ini dilakukan agar kamu tidak bosan tinggal di kamarmu. Bisa menata ulang barang-barangnya, mengecat ulang atau mengubah posisi tempat tidur hingga menghias kamar agar lebih menarik.

8. Berkebun di halaman rumah

Punya halaman luas apalagi ada kebunnya, maka berkebun bisa jadi kegiatan asyik di liburanmu ini. Jika tanaman hias belum ada, maka kamu bisa menambahkannya. Atau bisa pula dengan menyirami dan merawat tanamannya.

Baca juga: Bingung Mau Apa Liburan Sekolah? Coba 7 Kegiatan Ini

9. Membersihkan ruangan

Mumpung libur, maka ada baiknya kamu membersihkan ruangan di rumahmu. Selain menjadi bersih, kamu bisa menikmati liburan dengan ruangan yang nyaman dan terhindar dari kotoran juga debu.

10. Luangkan waktu belajar

Di sela liburan ini, cobalah meluangkan waktu untuk belajar. Apalagi jika kamu siswa Kelas 9 SMP atau 12 SMA yang sebentar lagi akan ujian nasional, belajar bisa membantumu untuk makin memahami materi pelajaran berikutnya.

Jadi, liburan sekolah atau libur akhir tahun di rumah tak selamanya membosankan. Ada banyak kegiatan menarik dan asyik yang bisa dilakukan. Bahkan lebih bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com