Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2020, 08:35 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai salah satu negara dengan sumber daya alam minyak dan gas bumi, berkarier di perusahaan minyak dan gas bumi (migas) masih dianggap cukup menjanjikan bagi sejumlah orang.

Bila kamu adalah salah satu yang memiliki mimpi bekerja di perusahaan migas, beberapa jurusan kuliah bisa kamu pertimbangkan karena lulusannya cukup dibutuhkan di perusahaan-perusahaan pertambangan.

Terlebih untuk lulusan yang memiliki kemampuan untuk menjadi “tenaga ahli” yang akan langsung terjun ke site (lapangan) untuk mengelola pertambangan hingga sumber daya alam, prospek karier di perusahaan migas ataupun batu bara bisa lebih besar.

Baca juga: 5 Kesalahan Ini Buat Mahasiswa Sulit Dapat Pekerjaan

Berikut sejumlah jurusan dengan prospek karier di perusahaan migas maupun pertambangan lainnya, melansir Rencanamu.id.

1. Teknik Perminyakan

Di jurusan kuliah Teknik Perminyakan, mahasiswa mempelajari banyak hal terkait dengan teknik di industri perminyakan seperti geologi migas, teknik gas bumi, teknik panas bumi, peningkatan perolehan minyak, petrofisika dan banyak ilmu lain yang berhubungan dengan pertambangan minyak.

Termasuk mempelajari fisika dan kimia yang digunakan untuk memperhitungkan segala hal yang berkaitan dengan penambangan minyak dan juga perhitungan unsur-unsur minyak. Karena inilah, lulusan jurusan teknik minyak menjadi salah satu yang dicari oleh perusahaan migas.

2. Teknik Mesin

Perusahaan migas juga membutuhkan Jurusan Teknik Mesin untuk memelihara mesin perusahaan yang berikatan dengan pertambangan minyak, proses produksi dan lainnya.

Bila kuliah di jurusan Teknik Mesin, kamu akan mempelajari tentang prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Sehingga, kamu juga perlu memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

3. Teknik Industri

Selain Jurusan Tenik Perminyakan, Jurusan Teknik Industri memiliki prospek karier yang cukup besar di perusahaan migas.

Di jurusan Teknik Industri, mahasiswa mempelajari bagaimana sistem manufaktur dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi. Termasuk bagaimana mengolah minyak mentah menjadi menjadi minyak berkualitas yang berdaya guna.

Singkatnya, di jurusan ini kamu akan belajar tentang fisika dasar, kimia dasar, matematika dasar, material teknik, kalkulus bahkan hingga analisis biaya. Sehingga dianggap aplikatif untuk bekerja di perusahaan migas.

4. Teknik Elektro

Di jurusan Teknik elektro, kamu akan dibimbing untuk menguasai sifat-sifat elektron yang dikenal sebagai listrik. Mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik mulai dari kehidupan sehari-hari hingga industri besar sepeti migas.

Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir.

Baca juga: Beasiswa D3 untuk SMA/SMK, Bisa Kerja di Perkebunan Kelapa Sawit

Karena mesin-mesin yang ada di perusahaan perminyakan dan gas dapat hidup dikarenakan adanya listrik, maka lulusan Jurusan Teknik Elektro dibutuhkan untuk menjaga kebutuhan hingga kestabilan mesin-mesin yang ada

5. Teknik Fisika

Mahasiswa Teknik Fisika akan mempelajari tentang berbagai gejala-gejala fisika melalui penerapan aplikasi dalam berbagai bidang ilmu dasar, ilmu terapan, dan pemanfaatan teknologi.

Teknik Fisika juga mempelajari hal-hal seperti perencanaan, desain, konstruksi atau manajemen alat-alat berat, seperti alat-alat yang terdapat dalam industri pertambangan minyak.

Itulah alasan mengapa seorang mahasiswa Teknik Fisika akan memperoleh berbagai pengetahuan mengenai ilmu-ilmu dasar (kimia, fisika, dan matematika) serta ilmu-ilmu keteknikan (teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik material).

Walau begitu, tak hanya lima jurusan kuliah ini yang memiliki prospek karier di perusahaan migas. Dalam suatu perusahaan migas, tentunya terbagi atas banyak divisi yang membutuhkan banyak lulusan dari beragam kompetensi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com