5 Kesalahan Ini Buat Mahasiswa Sulit Dapat Pekerjaan

Kompas.com - 28/01/2020, 20:43 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

KOMPAS.com - Nilai IPK tinggi dari perguruan tinggi ternama akan membuat CV kamu mudah "dilirik". Namun, di tengah ketatnya persaingan bisnis, ada penilaian lain yang membuat mahasiswa pintar bisa tersaingi oleh kandidat lain.

Melansir Rencanamu.id, kasus mahasiswa dengan nilai IPK tinggi namun tak beruntung saat melamar kerja sangat mungkin terjadi. Alasannya bukan karena kompetensi, melainkan akibat sejumlah kesalahan.

Berikut sejumlah kesalahan yang bisa membuat mahasiswa sulit mendapatkan pekerjaan.

1. Pasang standar gaji terlalu tinggi

Dari hasil observasi ke bagian SDM dan pemimpin perusahaan, Rencanamu menyimpulkan bahwa hampir semua perusahaan menetapkan gaji yang sama untuk fresh graduate, tanpa pandang IPK atau prestasi di kampus.

Baca juga: Sederet Hobi Ini Dapat Membuat Mahasiswa Mudah Cari Kerja

Jadi, kalau pelamar memasang standar gaji yang lebih tinggi dan memilih tidak mau bernegosiasi hanya karena nilai IPK tinggi, kemungkinan akan lebih sulit diterima bekerja.

Menetapkan gaji di atas rata-rata bisa membuat kamu kalah saing dengan kandidat dengan IPK yang tak jauh beda namun bersedia negosiasi.

2. Pengalaman magang kurang berkesan

Selama magang mungkin kamu akan diminta scan dokumen, membungkus goodie bag, atau diminta mendokumentasikan kegiatan perusahaan. Walau terkesan "receh", namun pengalaman magang adalah pintu gerbang untuk mendapat pekerjaan.

Bisa jadi, pekerjaan "receh" tersebut adalah cara perusahaan menilai komitmen kamu terhadap suatu pekerjaan yang diberikan, apapun jenisnya.

Kalau saat magang kamu sudah menolak pekerjaan yang kamu anggap terlalu “sepele” dan memberi kesan buruk, bisa jadi perusahaan tak akan memberi rekomendasi baik. Sebaliknya, jika kamu cekatan saat magang, perusahaan tak akan segan menawarkan posisi lowong saat kamu lulus nanti.

3. "One man show"

Kamu mungkin tipe yang sangat hebat dalam mengerjakan tugas kampus, tetapi bila menyangkut pekerjaan kantor, kamu tak bisa "one man show" alias bekerja sendirian.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X