Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Tetap Sehat dan Bugar untuk Para Mahasiswa yang Sering Begadang

Kompas.com - 03/02/2020, 19:46 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai mahasiswa, tentunya kamu akan berhadapan dengan tugas-tugas kuliah dari mata kuliah yang kamu ambil. Belum lagi jika kamu beraktivitas di berbagai macam organisasi. Rasanya 24 jam mungkin tak akan cukup untuk menjalani itu semua.

Untuk urusan tugas, tak jarang tenggat waktu (deadline) pengumpulan ditentukan secara bersamaan. Alhasil, kamu harus mengejar deadline tersebut dan mengerjakan sampai begadang hingga larut malam.

Baca juga: Lulus Kuliah Kerja Freelance? Perhatikan 5 Hal Ini

Nah, selama kuliah, pasti kamu tak akan satu kali menghadapi situasi begadang sampai larut malam. Padahal, seperti kita tahu begadang itu tak baik untuk kesehatan.

Jika kalian terpaksa begadang untuk mengerjakan tugas, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar tubuh kalian tetap fit. Berikut tipsnya seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Jangan lupa makan

Jangan sepelekan makan bila kamu terpaksa begadang untuk mengerjakan tugas. Selama begadang, kamu perlu banyak asupan makanan.

Dengan makan teratur, kamu akan mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Konsentrasimu akan terjaga bila ada asupan makanan yang masuk ke tubuh.

2. Pilihlah makanan yang tepat

Saat begadang, kamu mesti memilih jenis makanan yang tepat. Pilihlah makanan yang tak hanya membuat kenyang, melainkan bisa meningkatkan daya konsentrasi, daya ingat, hingga mengurangi stress.

Kamu bisa memilih makanan seperti mengandung karbohidrat, ikan, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah beri, alpukat, kuning telur, coklat, dan cabai.

Kurangilah makanan yang bersifat instan. Bila mau makan camilan, coba pilih yang memberikan energi dan mengandung protein seperti protein shakes, greek yoghurt, buah-buahan, dan irisan apel yang dioles kacang.

3. Hindari minuman berkafein yang berlebihan

Begadang bagi sejumlah orang identik dengan kopi. Ya, kopi adalah teman di saat begadang karena memiliki kandungan kafein yang bisa mengurangi rasa kantuk.

Mengkonsumsi kafein yang berlebihan seperti satu cangkir dalam satu malam justru akan membuat kita dehidrasi dan insomnia. Tentu tak nyaman bukan saat mengerjakan tugas, malah terserang dehidrasi.

4. Perbanyak minum air putih

Selain menghindari minuman berkafein yang berlebihan, kamu juga tak disarankan meminum minuman berenergi. Hal itu disebabkan pada saat malam hari, tubuh akan melakukan detosifikasi.

Usahakan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan bisa membantu untuk mengurangi kelelahan serta membantu lebih fokus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com