Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mak, Pinjam Alat Perangnya yah untuk Pembelajaran Kami..."

Kompas.com - 05/02/2020, 21:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Hari itu (29/1/2020) siswa kelas lima SDN 009 Balikpapan Barat, Kalimantan Timur akan belajar tentang sifat benda konduktor dan isolator dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Anisa Surya terbiasa mengajak siswanya menemukan jawaban dengan metode ilmiah. Dia memfasilitasi siswanya untuk melakukan percobaan menemukan benda-benda konduktor penghantar panas dan isolator yang menahan panas.

Para murid sebelumnya sudah ditugaskan untuk membawa peralatan dapur dari rumah untuk bahan percobaan.

Peralatan dapur orangtua yang dibawa ke sekolah antara lain panci aluminium, sutil dari aluminium dan kayu, sendok makan besi dan plastik, kain serbet, lilin 3 buah, dan korek api.

Baca juga: PYP Sekolah Cikal, Mendorong Siswa Tidak Hanya Jago Berteori

Tahapan belajar

Anisa Surya membagi kelas menjadi 6 kelompok yang beranggotakan 5 siswa. Mereka ditugaskan untuk mengklasifikasikan benda-benda yang tergolong konduktor dan isolator melalui percobaan.

Para siswa juga harus menjawab tiga pertanyaan yang jawabannya ditemukan dari kegiatan percobaan.

Pertanyannya sebagai berikut:

  1. Mengapa sutil yang ujung tangkainya ada kayu atau plastik jika dipanaskan tidak terasa panas?
  2. Benda manakah yang lebih cepat menghantarkan panas, apakah panci dipanaskan dengan 2 lilin atau sendok makan dipanaskan dengan 1 lilin?
  3. Menurut pendapatmu mengapa orang lebih memilih menggunakan serbet kain dari pada plastik untuk pelindung dari panci atau penggorengan panas?

Selanjutnya di masing-masing kelompok semua siswa melakukan percobaan sesuai panduan dalam lembar kerja yang dibagikan guru.

Mereka menyalakan tiga buah lilin untuk memanaskan benda-benda yang dibawa.

"Setiap benda kami panaskan selama tiga menit. Kami memegang benda yang dipanaskan dan merasakan panas yang terjadi pada setiap benda. Kami juga menggunakan kain serbet sebagai pegangan untuk merasakan perbedaan benda yang dipanaskan," kata Fahri salah satu siswa.

Dari percobaan tersebut, Fahri dan teman-temannya di kelompok 2 mengurutkan benda-benda yang termasuk konduktor. Urutannya yang paling cepat panas yaitu panci alumunium, sendok besi, dan sutil aluminium.

Sedangkan benda-benda isolator yaitu sutil kayu dan kain serbet untuk pegangan sutil alumunium.

Mengenal "rahasia" dapur

Siswa kelas V SDN 009 Balikpapan Barat, Kalimantan Timur akan belajar tentang sifat benda konduktor dan isolator dalam pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di bawah pendampingan guru mereka Anisa Surya (29/1/2020).DOK. TANOTO FOUNDATION Siswa kelas V SDN 009 Balikpapan Barat, Kalimantan Timur akan belajar tentang sifat benda konduktor dan isolator dalam pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di bawah pendampingan guru mereka Anisa Surya (29/1/2020).

Para siswa sekarang mengerti rahasia ibunya ketika memasak mengapa tangan ibunya tidak ikut panas ketika menggoreng telur. Karna dalam menggoreng, tangkai sutil berbahan kayu yang termasuk benda isolator panas.

Akmal, kawan kelompok Fahri juga memahami mengapa kompor api cepat memanaskan air teh yang diminum setiap hari. Dalam percobaan ini, Akmal dan Fahri mencoba memanaskan panci dengan 2 dan 1 lilin.

Hasil percobaannya membuktikan panci dengan 2 lilin cepat merambatkan panas karena panci aluminium mempunyai daya hantar panas tinggi sehingga api cepat merambat sejalan dengan besarnya api.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com