Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Tes Minat Bakat? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 07/02/2020, 19:24 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Seringkali kita mendengar istilah Tes Minat Bakat saat sedang menempuh pendidikan tingkat menengah. Biasanya, siswa disarankan untuk melakukan Tes Minat Bakat sebelum memilih peminatan di SMA maupun program studi (prodi) untuk kuliah.

Lalu apa itu Tes Minat Bakat? Apa yang akan ditemui saat melakukan Tes Minat Bakat?

Berikut informasi seputar Tes Minat Bakat seperti dihimpun dari siaran pers dari PT. Melintas Cakrawala Indonesia, perusahaan yang didirikan untuk meningkatkan pengalaman belajar dan memberdayakan potensi setiap pelajar.

Tes Bakat Minat adalah rangkaian tes dan analisa yang menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat serta kepribadian siswa terhadap suatu bidang atau jurusan tertentu.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui pilihan prodi bagi siswa SMP yang akan melanjutkan pendidikannya ke SMA/Sederajat, maupun siswa SMA yang akan melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi, sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya.

Baca juga: 11 Kampus UIN bisa Kamu Pilih di SNMPTN dan SNMPTN, Asalkan...

Siswa yang tahu dan sadar akan minat dan potensi kognitifnya akan lebih percaya diri dan terhindar dari situasi salah jurusan.

Tes Minat Bakat juga dapat melihat dinamika kepribadian, kegemaran atau hal-hal yang menarik perhatian siswa. Tes Minat Bakat pun penting dilakukan di luar kebutuhan akademis.

Orang tua dapat melihat bakat bawaan dan beragam faktor eksternal yang mempengaruhi talenta anak.

Lebih detilnya pada Tes Bakat, siswa akan diuji inteligensi yang dimiliki untuk memberikan gambaran umum tentang kapasitas kemampuan kognitif siswa. Aspek yang diukur umumnya seperti kemampuan verbal, logika berpikir dan daya ingat.

Di Tes Minat, siswa diukur kecenderungan atau minat individu terhadap bidang studi atau jurusan tertentu. Beberapa teori menyebutkan bahwa minat seseorang merupakan cerminan daripada gambaran kepribadian orang tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com