Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Tangkal Virus Corona dari Pakar Kesehatan Mental Unbraw

Kompas.com - 26/03/2020, 20:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Pakar Kesehatan Mental Universitas Brawijaya (UB), Sumi Lestari mengatakan, untuk mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh, masyarakat diimbau untuk terus berbahagia, mengkonsumsi makanan gizi seimbang, berolahraga, menjaga kebersihan, sering cuci tangan.

Dwi menjelaskan ketika dalam diri seseorang bahagia, tubuh akan memproduksi hormon interferon-protein. Hormon itu berfungsi melawan virus dan dapat membentuk imunitas.

"Untuk memunculkan rasa bahagia di tengah situasi seperti saat ini bisa dilakukan dengan bersyukur, kunci bahagia itu akan muncul pada diri ketika kita mampu bersyukur, dengan bersyukur membuat hidup kita akan merasa tenang, nyaman, damai dan bahagia tentunya," kata Sumi seperti dikutip dari website Universitas Brawijaya.

Sumi menambahkan rasa syukur yang ada di dalam diri manusia ternyata juga mampu meminimalisir emosi negatif seperti cemas, panik, khawatir, takut dan gelisah. Rasa syukur akan mengganti emosi negatif dengan emosi positif yaitu tentram, nyaman dan damai.

"Dengan bersyukur individu tidak merasa takut dengan cobaan karena yakin akan adanya jalan keluar dari masalah yang dihadapi," tutur doktor psikologi klinis tersebut.

Untuk memunculkan rasa bahagia, setiap manusia juga harus mampu untuk berpikir positif. Berpikir positif akan memunculkan energi positif.

Baca juga: Tips Mengatasi Stress karena Wabah Corona, Orangtua Silakan Baca...

Sumi mengatakan rasa bahagia dalam diri manusia juga bisa disebabkan karena faktor social distancing.

Manusia sebagai mahkluk sosial selalu butuh bersosialisasi, berinteraksi, dan berkumpul sehingga pembatasan interaksi ini membuat seseorang merasa kesepian, kehilangan dan perubahan mood.

"Bahkan berpengaruh pada hormon oksitosin atau hormon cinta yang berdampak pada tingkah laku, respons emosi juga terlihat dalam membangun ketenangan, kepercayaan, dan stabilitas psikologi dan berperan mengatur ikatan sosial," kata Sumi.

Oleh karena itu, dia juga menyarankan agar masyarakat bijak dalam memilih sumber informasi yang valid, sebab banyak informasi hoaks tersebar dan tidak dapat dikontrol.

"Saya berharap masyarakat tetap waspada dengan melakukan tindakan preventif berupa mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, menjaga imunitas tubuh dengan banyak mengkonsumsi vitamin C atau makanan yg mengandung antioksidan, banyak berdoa dan patuh terhadap himbauan pemerintah untuk tetap stay at home dan work from home selama 14 hari untuk memutus mata rantai Covid-19 ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com