Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dari Universitas Telkom

Kompas.com - 19/05/2020, 19:27 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com –Meningkatnya penularan virus Covid 19 di Indonesia, khususnya wilayah Bandung, Propinsi Jawa Barat mengindikasikan potensi penularan masih terus berlangsung.

Terdorong hal ini, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom Bandung menilai perlu upaya berbagai pihak untuk ikut berkontribusi dalam rangka mengedukasi dan menyosialisasikan.

Masyarakat perlu mendapatkan edukasi cara mencegah penularan virus corona. Universitas Telkom pun kemudian menggelar kegiatan edukasi kepada masyarakat di Desa Cangkuang, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom Bandung, Fransiskus Tatas Dwi Atmadji mengatakan, “sesuai dengan protokol kesehatan kami tetap mematuhi imbauan pemerintah dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak mengumpulkan massa dalam jumlah banyak.” 

“Sehingga dalam sosialisasi ini hanya dihadiri oleh perwakilan perangkat desa, perwakilan warga dari 4 kepala dusun yang ada serta Ketua dan Perwakilan Perkumpulan Pengrajin Sepatu Baraya Cibaduyut,” ujar Tatas.

Pengabdian masyarakat soal edukasi dalam pencegahan penularan Covid-19 dan penjelasan berkaitan dengan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melalui media poster

“Selain memberikan edukasi dan sosialisasi soal pencegahan penularan Covid-19, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom juga membagikan 200 buah poster paket edukasi siap tempel dan 400 buah masker kain kepada peserta dan masyarakat sekitar,” jelas Tatas.

“Mungkin yang kami lakukan ini tidak seberapa, sangat kecil. Namun kami merasa terpanggil dan lebih baik kami berbuat sesuatu walau sederhana daripada hanya diam terhadap keadaan, lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan,” tambahnya.

Sementara Sekretaris Desa, Gun Gun Hidayat mengapresiasi langkah konkrit Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom Bandung yang peduli kepada masyarakat Desa Cangkuang.

“Selama ini Universitas Telkom sudah seringkali membantu masyarakat Desa Cangkuang terlebih di masa Pandemi Wabah Covid-19 ini turun langsung dan peduli dalam memberikan penyuluhan pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat,” kata Hidayat.

Ia berharap kedepan sinergi antara Universitas Telkom dan Masyarakat Desa Cangkuang, Kecamatan Dayeuhkolot dapat terjalin semakin baik dan dapat menginspirasi serta memberi semangat semua orang untuk tetap berkarya dan berperan di bidang masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com