Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Dapat Segera Dimanfaatkan, Kampus Ini Kirim Ijazah lewat Kurir

Kompas.com - 09/06/2020, 18:31 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dampak akibat Pandemi Covid 19 memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan tinggi. Berbagai cara dilakukan demi menjaga keselamatan bersama, termasuk memberikan ijazah melalui kurir.

Tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini dilakukan kampus IISIP Jakarta. Wisuda yang dijadwalkan 29 Maret 2020 lalu harus tertunda akibat penyebaran Covid-19 yang menunjukan kecenderungan peningkatan pada pertengahan maret lalu.

Dihubungi Kompas.com (9/6/2020), Pembantu Rektor (Purek) Bidang Kemahasiswaan, Omar Abidin Gilang mengatakan tidak ada pembatalan wisuda yang ada hanya penundaan waktu.

“Bukan batal, kita butuh waktu yang tepat. Harus ada data yang baik sebagai pertimbangan mengambil keputusan jangan sampai karena menyelenggarakan ini (wisuda) jadi membawa penyakit,” jelas Omar.

Baca juga: Jadi Ladang Bisnis, Banyak Universitas Top Dunia Terancam karena Corona

Kampus IISIP juga sedang mempersiapkan cara dan solusi baik agar wisuda dapat dilaksanakan, di antaranya mengumpulkan data perkembangan Covid-19 sampai terus berkomunikasi dengan pihak gedung tempat terselenggaranya wisuda.

Sedih penundaan wisuda

Nadira Maharani mahasiswi jurusan Hubungan Masyarakat mengungkapkan kesedihannya karena belum bisa merasakan wisuda .

“Sedih pasti, karena kehilangan moment sekali seumur hidup. Orangtua juga tidak bisa merasakan bangga dan terharu melihat anaknya menyelesaikan tugas menjadi mahasiswa,” kata Nadira.

Di sisi lain, Nadira mengapresiasi kebijakan yang diputuskan kampus. Menurutnya, “kebijakan kampus sudah baik, sebab membantu mahasiswa dapat mengambil kesempatan kerja dengan ijazah didahulukan,” ucap Nadira.

Hal sama juga dirasakan Rina Yunus mahasiswi jurusan jurnalistik yang sudah mempersiapkan perayaan wisuda.

“Sedih ya, udah ngarepin pake baju kebaya, penampilan harus oke di wisuda, udah booking foto studio juga tapi tertunda,” cerita Rina.

Prioritas pengiriman ijazah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com