Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2020, 15:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memberikan pembelajaran pada anak usia dini tidak mudah. Sebab, anak usia dini masih suka dengan bermain. Jadi orang tua atau guru juga harus paham bagaimana mendidik anak usia dini.

Biasanya, dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini mengacu pada negara Finlandia. Negara yang terletak di Eropa Utara tersebut menerapkan apa yang disebut sistem Finlandway, yakni model pembelajaran berbasis bermain dan eksplorasi anak.

Merangkum laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, dijelaskan ada beberapa cara bagaimana memberikan pembelajaran pada anak usia dini atau pada PAUD.

Baca juga: Kenali Ciri Anak Usia Dini untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

Menurut Joanna Kangas, seorang akademisi dari Universitas Helsinki, pada saat bermain, anak dapat melatih kepribadian dan melihat dunia di sekitar mereka.

"Pembelajaran berbasis bermain ini melibatkan beberapa dimensi sehingga mereka mampu membangun pengetahuannya melalui bermain tersebut," ujarnya saat menjadi narasumber dalam Webinar internasional belum lama ini.

Dikatakan, selama bermain anak mampu bersikap dan melakukan tindakan melebihi dari umur mereka dan kemampuan sehari-hari mereka.

Dalam webinar yang digelar SEAMEO CECCEP itu, Joanna menjelaskan, ada tiga tipe bermain berdasarkan riset yang dilakukannya, yakni:

1. Bermain bebas

Pada saat bermain, anak-anak dibebaskan untuk menciptakan permainan mereka sendiri. Pada tipe bermain ini, tugas guru atau orang tua hanya mengawasi anak-anak.

2. Bermain atas inisiasi anak sendiri

Ada perbedaan dengan bermain bebas, yakni pada permainan ini anak menjadi subjek yang memberikan arti tentang apa yang mereka kerjakan.

Guru atau orang tua hanya memberi arahan tentang bagaimana pembelajaran itu dilakukan.

"Peran guru adalah menetapkan tujuan yang akan di tuju selama pembelajaran tetapi pada pelaksanaannya, anaklah yang diberikan kesempatan untuk melakukan pendekatannya, seperti apa dan bentuknya seperti apa," jelasnya.

3. Bermain bersama

Saat bermain bersama, anak dan guru/orang tua ada bersama-sama dalam suatu permainan. Guru atau orang tua dapat memberikan arahan bagaimana pembelajaran dilakukan.

Atau suasananya bagaimana dan material apa. Sedangkan anak memberikan arti sendiri dalam permainan, apa yang harus mereka lakukan sesuai arahan dan materi.

Guru dan orang tua tidak mengarahkan secara langsung tetapi memberikan kesempatan pada anak untuk menjadi activ learning.

Baca juga: 3 Cara Mudah Bermain Sains Bersama Anak Usia Dini

"Sedangkan guru dan orang tua hanya menjaga agar tidak keluar dari tujuan yang sudah ditetapkan," terang Joanna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com