Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2020, 07:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Anak usia dini pasti akan terus tumbuh dan berkembang. Seiring perkembangannya, anak tersebut juga harus diajari mengenai ilmu pengetahuan.

Tetapi, ilmu pengetahuannya yang sederhana. Salah satu contohnya ialah bermain sains yang penting untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

Pembelajaran sains bisa melatih kemampuan anak untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa.

Nantinya, anak akan banyak memperoleh pengetahuan baru dari hasil penginderaannya dengan berbagai benda yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Ajak Anak Usia Dini Bermain Sains, Ini 4 Tipsnya

Lantas, bagaimana cara mudah bermain sains pada anak usia dini? Merangkum akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Minggu (28/6/2020) malam, ini cara mudah yang bisa dilakukan orang tua:

1. Sains fisik

Pada pembelajaran ini, cobalah ajak anak untuk mengenal wujud fisik dari benda. Nantinya, melalui eksplorasi ini anak bisa belajar mengenai ciri-ciri benda.

Tak hanya itu saja, anak juga bisa belajar mengenai cara benda bergerak, perubahan pada benda, berat, bentuk, ukuran, warna dan temperatur.

Bisa juga mengeksplorasi bagaimana benda-benda bergerak dan berubah. Pasti anak akan senang diajak mengenal benda-benda itu.

Contoh kegiatan:
Ajak anak membuat susu, melihat es mencair, mengenal macam dan berbagai bentuk buah-buahan. Orang tua bisa menjelaskannya dengan cara yang mudah.

2. Sains makhluk hidup

Anak bisa mengeksplorasi tentang makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tanaman. Anak akan belajar tentang ciri-ciri siklus hidup dan tempat hidup makhluk hidup.

Contoh kegiatan:
Untuk belajar makhluk hidup tentu dibutuhkan alat atau media. Anak bisa melihat perubahan dari kacang hijau menjadi taoge.

Menanam biji kacang dan dirawat hingga tumbuh batangnya, anak bisa melihat proses perubahan dari biji menjadi batang dan hingga tumbuh daun.

Atau bisa pula memperlihatkan akuarium sebagai salah satu tempat untuk hidup ikan dan makhluk hidup lainnya untuk tumbuh.

Dari itu semua, anak akan melihat sendiri makhluk hidup tumbuh, atau merawat binatang peliharaan juga bisa.

3. Sains bumi dan lingkungan

Pada sains jenis ini, anak diajak untuk melihat lingkungan alam sekitar. Tentu yang dapat dialami langsung oleh anak.

Contoh kegiatan:
Mengenal benda angkasa atau yang ada di langkit seperti matahari, bulan dan bintang.

Baca juga: Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak PAUD Bisa Dikembangkan, Ini Tipsnya

Bisa pula memperlihatkan proses terjadinya hujan, memperlihatkan bahwa membuang sampah sembarangan dapat mengakibatkan banjir.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com