Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademisi IPB: Ini Manfaat Konsumsi Pangan Lokal

Kompas.com - 04/08/2020, 12:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Gaya hidup moderen saat ini membawa perubahan besar disegala hal. Tak terkecuali masalah pola konsumsi pangan masyarakat juga berubat.

Kini, banyak masyarakat yang mengonsumsi pangan instan. Padahal makanan instan mengandung zat lemak yang tinggi yang bisa menyebabkan kelebihan kolesterol.

Sedangkan mengonsumsi pangan tradisional yang beraneka ragam sudah mulai menurun. Padahal pangan ini biasanya kaya dengan kandungan gizi yang seimbang.

Baca juga: Akademisi IPB Bagikan Tips Budidaya Tanaman Obat saat Pandemi

"Konsumsi pangan instan mengandung tinggi lemak terutama lemak jenuh, kolesterol dan rendah serat meningkat," ujar Prof. Clara Meliyanti Koesharto, Guru Besar IPB University bidang Pangan dan Gizi seperti dikutip dari laman IPB, Selasa (4/8/2020).

Karena konsumsi pangan instan itu bisa menyebabkan terjadinya permasalahan kesehatan seperti penyakit obesitas, hipertensi, diabetes dan sindrom metabolik lain.

Manfaatkan pangan sehat

Untuk upaya antisipasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan pangan yang menyehatkan dalam jumlah cukup dengan menjaga kondisi lingkungan tetap baik.

Dijelaskan, Indonesia memiliki kekayaan dan keanekaragaman ekosistem pangan. Tidak kurang dari 200 jenis tumbuhan biji dan kacang, 450 jenis buah dan 250 jenis sayur-sayuran.

Begitu juga dengan sumberdaya laut yang memiliki keanekaragaman yang tinggi. Di laut juga terdapat sumber daya pangan yang kaya akan gizi.

Jumlah koleksi sumberdaya genetik, badan penelitian dan pengembangan pertanian mencatat, tanaman pangan yang tercatat saat ini adalah sebanyak 5.529.Terdiri 584 buah, bahkan terdapat 4.438 sayur-sayuran.

"Potensi ini bisa dimaksimalkan lagi dengan riset dan implementasi dalam bentuk kebijakan dan pengembangan produk lokal," jelas Prof. Clara.

Harus berbasis pangan lokal

Dosen IPB University sekaligus pakar Manajemen, Sumberdaya Pangan dan Gizi, Dr. Yayuk Farida Baliwati mengungkapkan pentingya pangan berbasis sumberdaya lokal.

Jumlah penduduk yang terus meningkat harus diimbangi dengan kebutuhan pangan yang cukup. Namun, pemenuhan pangan ini harus melihat pelestarian fungsi dan kualitas sumberdaya alam.

Adapun keberlanjutan ekosistem pangan harus memperhatikan penduduk, kesehatan, dan lingkungan hidup baik alam maupun sosial.

Tolok ukur keberlanjutan sistem pangan bisa dilihat dari sisi kuantitas dan kualitas ketersediaan juga konsumsi pangan sesuai dengan kecukupan gizi seimbang.

Sedangkan pangan yang diutamakan adalah pangan lokal untuk mengurangi dampak negatif kerusakan lingkungan.

Karena itu, penting sekali merancang perencanaan pangan berbasis pada pangan lokal. Sebab, setiap daerah memiliki sumberdaya yang berbeda dan unik. Sehingga tiap daerah harus membuat rancangan sesuai potensi wilayahnya.

Baca juga: Selama WFH Bahan Makanan Harus Diatur, Ini 6 Tips dari Akademisi IPB

Harapannya kebutuhan pangan bisa dipenuhi oleh masing-masing daerah sendiri. Tentu saja hal ini memerlukan kerjasama dari seluruh pihak, baik pemerintah, akademisi, dan stakeholder lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com