Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Kampus Merdeka, BI Dorong Upaya Ciptakan SDM Unggul Era Digital

Kompas.com - 26/08/2020, 11:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) turut mendukung kebijakan merdeka belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui program Kampus Merdeka.

“Program Kampus Merdeka merupakan wujud kontribusi BI dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di era digital,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo, Senin (24/8/2020), Jakarta.

Pasalnya, BI ingin membangun SDM unggul yang dapat berpikir secara menyeluruh (holistik) dari sisi sikap, keahlian, dan pengetahuan.

Selain itu, program ini akan dilaksanakan secara daring melalui konferensi video dan platform pembelajaran digital. Tujuannya agar mahasiswa bisa bereksplorasi serta berdiskusi dengan mentor dan narasumber secara virtual.

Tidak luput melakukan pemantauan serta evaluasi pembelajaran, BI juga mengembangkan sistem manajemen platform pembelajaran digital untuk peserta.

Baca juga: Kuliah Lintas Prodi Layak Dibuka Lebar

Percontohan di 7 kampus

Dalam program ini, BI menawarkan aktivitas pembelajaran, pembuatan proyek penelitian, dan pengalaman bekerja, khususnya dalam bidang kebanksentralan, kepada 37 mahasiswa dari 7 perguruan tinggi di Indonesia.

Ketujuh perguruan tinggi yang menjadi proyek percontohan, yakni:

  1. Universitas Gajah Mada (UGM)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Universitas Airlangga (Unair)
  4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  6. Universitas Bina Nusantara (Binus)
  7. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Selain mengapresiasi dukungan BI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim juga mengatakan, mahasiswa menjadi lebih siap menghadapi dunia kerja bila pernah mendapatkan pengalaman bekerja secara nyata di perusahaan selama 6 bulan.

“Pengalaman yang mereka peroleh selama 6 bulan akan membentuk hard skills dan soft skills yang menjadi bagian dari kompetensinya setelah lulus,” jelas Nadiem.

Program Kampus Merdeka di Bank Indonesia berlaku untuk semua mahasiswa dari segala jurusan dan akan dimulai pada semester gasal 2020.

Mahasiswa dapat mengambil program selama 1 semester hingga 2 semester atau setara dengan 40 Satuan Kredit Semester (SKS).

Seiring berjalannya waktu, BI akan mengikutsertakan perguruan tinggi lainnya untuk memperkuat serta memperluas program Kampus Merdeka.

Pengembangan soft skill dan karakter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com