Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ajak Generasi Muda Lebih Kreatif di Masa Pandemi, Kemendikbud Gelar Lomba Blog dan Vlog

Kompas.com - 14/09/2020, 19:50 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Pendidikan Karakter (Puspeka) terus mengasah kreativitas anak bangsa lewat berbagai program terpadu.

Salah satunya melalui lomba blog dan vlog yang diadakan Minggu (30/8/2020) - Kamis (17/9/2020). Kegiatan ini juga menjadi seri web seminar (webinar) bertema “Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”.

Kepala Puspeka, Hendarman menyampaikan, kompetisi ini dapat menjadi wadah untuk penyaluran kreativitas dan sebagai tempat generasi milenial serta generasi Z berekspresi dalam menulis serta membuat video.

Hendarman menjelaskan, ada empat tujuan pokok diadakannya lomba blog dan vlog ini.

Pertama, lomba ini bertujuan untuk memperluas publikasi dari substansi Rangkaian Webinar Kurikulum Kondisi Khusus dan Relaksasi Pembelajaran Tatap Muka di zona kuning.

Baca juga: Kemendikbud: Seperti Ini Aspek KBM Saat Pandemi bagi Guru

“Kedua dapat memberikan wadah berekspresi dan berkompetisi bagi para penulis blog dan pembuat vlog,” jelasnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (14/9/2020)

Ketiga, lanjutnya, dapat memberikan variasi dan pemicu daya tarik agar peserta tetap setia mengikuti webinar selanjutnya.

Keempat, mampu menyampaikan pesan praktik baik terkait kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Hendarman mengatakan, Puspeka berharap agar semua tripusat pendidikan dapat menyalurkan bakat mereka lewat kegiatan tersebut.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka Indonesia Jaya

"Semua tripusat pendidikan yang mengikuti kegiatan ini dapat menyalurkan bakatnya dan menjawab kebutuhan akan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama membangun karakter Profil Pelajar Pancasila,” paparnya.

Adapun, lomba ini dibagi enam kategori yang bisa diikuti siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Mahasiswa, Pendidik, Tenaga Kependidikan, serta Umum.

Tujuannya adalah mengajak para peserta didik, pendidik, hingga lapisan masyarakat untuk saling berbagi informasi dan cerita inspiratif mengenai pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Tentang lomba blog dan vlog

Bagi peserta yang ingin mengirimkan karya lomba blog dan vlog dapat dilakukan mulai tanggal 30 Agustus 2020 hingga17 September 2020.

Seluruh karya yang masuk nantinya akan dikurasi (dijaga serta diawasi) dan diseleksi lebih lanjut untuk menentukan pemenang.

Dari masing-masing kategori, Puspeka akan mengumumkan pemenang pada 26 September 2020.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com