Kompas.com - 14/09/2020, 16:54 WIB
Ilustrasi obat herbal, ilmuwan sedang meracik obat herbal. Shutterstock/paulynnIlustrasi obat herbal, ilmuwan sedang meracik obat herbal.

KOMPAS.com - Peneliti sekaligus Dosen IPB University dari Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof Dyah Iswantini temukan obat herbal yang diklaim dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Obat herbal pelangsing bermerek Prolislim tersebut telah melewati serangkaian penelitian. Meliputi bioprospeksi tanaman obat yang berkhasiat sebagai anti obesitas atau pelangsing, uji khasiat ekstrak tunggal serta formula gabungan ekstrak.

Beberapa tanaman obat Indonesia seperti daun jati Belanda, bangle, kemuning, daun asam Jawa, asam gelugur, rimpang kencur, lengkuas dan kunci pepet dimanfaatkan sebagai anti obesitas dengan pendekatan penentuan daya inhibisinya terhadap enzim lipase pankreas secara in vitro.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 Oxford-Cambridge University dari Jardine Foundation

Dyah mengatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa formula pelangsing berbasis kunci pepet dan asam gelugur mampu menurunkan bobot badan hewan coba sebesar 11.22 persen selama 12 hari. Berdasarkan uji toksisitas akut, formula tidak menunjukkan toksik.

Saat ini obat herbal pelangsing tersebut juga sudah dikomersialisasikan dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dyah menuturkan, target dari penelitian dua tahun ke depan (2022) adalah adanya produk obat herbal pelangsing terstandar.

Pengaruh signifikan dalam penurunan bobot badan

Secara tradisional, jelas Dyah, kunci pepet (kaempferia angustifolia Roscoe) telah digunakan oleh masyarakat dan sudah banyak ditanam oleh para petani.

Asam gelugur (Garcinia atroviridis) adalah tanaman tropis yang tumbuh menyendiri pada hutan tropis. Tanaman tahunan ini menghasilkan buah yang bisa dipakai sebagai bahan obat pelangsing yang banyak dijumpai di Medan dan Aceh.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Mohon Kembali ke Tanah Air, Negara Membutuhkan Anda

"Jadi semua tanaman penyusun formula pelangsing adalah tanaman yang mudah diperoleh di Indonesia bahkan merupakan tanaman asli Indonesia. Simplisia kunci pepet mudah diperoleh di penyedia jamu dan di supplier-supplier bahan jamu di Indonesia, sedangkan simplisia asam gelugur diperoleh langsing dari Medan tetapi juga sudah dijual di beberapa supplier jamu," tutur Dyah seperti dilansir dari laman IPB, Senin (14/9/2020).

Hasil penelitian ini diperkuat oleh hasil uji pasar I dan II oleh PT Indofarma Tbk. Setelah satu bulan uji coba, hasil menunjukkan adanya penurunan lingkar pinggang pada responden perempuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.