Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jurusan Kuliah Langka, tapi Mudah Dapat Kerja

Kompas.com - 08/12/2020, 15:51 WIB
Dian Ihsan,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bila sudah duduk di bangku akhir SMA, kalian pastinya memikirkan jurusan kuliah apa yang akan dipilih. Biasanya, banyak orang memilih jurusan kuliah yang favorit di hampir setiap perguruan tinggi.

Banyaknya peminat di jurusan kuliah yang kalian pilih, maka semakin sulit kalian rebut satu kursi di jurusan yang diingginkan. Begitu juga saat lulus, maka bersaing pula mencari pekerjaan di dunia kerja. Biasanya jurusan kuliah yang banyak dicari, seperti Akuntansi, Komunikasi, Kedokteran, Hukum, dan Manajemen.

Baca juga: Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

Namun, kalian pernah tidak untuk berpikir, agar mencari jurusan kuliah yang langka di Indonesia. Biasanya jurusan ini jarang dipilih banyak orang.

Melansir laman maukuliah.id, Selasa (8/12/2020), menyebutkan bahwa setidaknya ada 6 jurusan kuliah langka, tapi mempunyai peluang besar bagi karirmu di dunia kerja.

Yuk simak 6 jurusan kuliah langka yang membuat kalian mudah mencari kerja.

1. Jurusan Astronomi

Ketika berbicara Jurusan Astronomi, pastinya pikiran kalian terbesit akan menjadi astronom. Sebab, di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari ilmu tata surya, fisika bintang, galaksi dan kosmologi.

Dengan begitu, kalian akan lebih banyak menggali ilmu di dunia observasi terhadap benda-benda langit. Di Indonesia, jurusan ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Saat lulus dari jurusan ini dan sudah menjadi astronomer, maka keahlian kalian sangat dibutuhkan oleh lembaga-lembaga antariksa dan penelitian yang ada di Indonesia.

2. Jurusan Teknik Nuklir

Banyak orang yang takut dengan jurusan ini, karena namanya. Tapi jangan salah, banyak ilmu yang mahasiswa dapatkan bila mengambil Jurusan Teknik Nuklir. Tak hanya ilmu saja, prospek karir atau pekerjaan yang didapatkan juga sudah tidak bisa diragukan lagi.

Biasanya, jurusan ini dibuka untuk siswa yang ingin mendalami fenomena dan reaksi yang terjadi oleh tenaga nuklir. Makin majunya zaman, jurusan ini sangat dibutuhkan oleh lembaga atau individu, seperti di dunia kesehatan, perindustrian atau bahkan dunia pengetahuan.

Di Indonesia, jurusan ini dibuka oleh satu perguruan tinggi negeri (PTN) terkemuka, yakni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (STTN) atau BATAN.

3. Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku kriminal dan mengatasi perilaku kriminal tersebut, dengan cara mengumpulkan banyak data. Pada jurusan ini, kalian sebagai mahasiswa akan dihadapkan dengan banyak perilaku sosial, seperti nilai kemasyarakatan yang menjurus ke arah unsur kriminal.

Bukan hanya sebatas kriminal saja, kalian juga akan mempelajari terkait psikologi, hukum dan sosiologi.

Meski demikian, hanya ada tiga perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau.

Baca juga: Kemendikbud: Anak Berkebutuhkan Khusus Harus Peroleh Pendidikan

4. Jurusan Geofisika

Jika kuliah di Jurusan Geofisika, maka kalian akan dihadapkan dengan ilmu tentang kebumian dan segala aspek fisika yang ada. Di jurusan ini, semua mahasiswa memiliki potensi yang sangat besar dan cerah untuk masa depan dunia kerjamu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com