Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Luncurkan "Center for Independent Learning" untuk Bangun SDM Unggul

Kompas.com - 04/02/2021, 21:46 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Universitas Indonesia (UI) meluncurkan Center for Independent Learning (CIL) pada acara perayaan Dies Natalis ke-71 yang di gelar secara daring di kampus UI Depok, Selasa (2/2/2021).

Peluncuran CIL ini, diharapkan menjadi agregator dalam implementasi program merdeka belajar.

Hal itu, disampaikan Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya. Ia mengatakan, kebersamaan, kolaborasi, dan komitmen menjadi kunci yang dipakai untuk bangkit dan maju.

Ia berharap CIL tidak hanya sebagai agregator dalam implementasi program merdeka belajar saja. Melainkan, bisa menjadi jembatan antara universitas, fakultas, program studi, dan mahasiswa terkait serta ketersediaan dan penawaran berbagai bentuk program merdeka belajar.

"Segala upaya yang terus dibangun ini dapat mempertegas komitmen UI menjadi universitas yang unggul, inklusif, bermartabat, nyaman bagi seluruh warganya dan membanggakan seluruh rakyat Indonesia," kata Ari.

Baca juga: UI Luncurkan Prodi Magister Fisika Medis, Ini Prospek Kerjanya

Disamping itu, ia juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk segenap sivitas akademika, alumni, dan mitra UI yang telah bahu-membahu berupaya menanggulangi COVID-19.

"Perubahan besar dalam dunia pendidikan terjadi sejak awal tahun 2020, akibat pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, UI dengan cepat merespons situasi ini, mentransformasikan pendidikan secara daring," katanya.

Kendati dalam situasi pandemi, perkuliahan semester ganjil TA 2020/2021 tetap terselenggara sesuai standar dan tujuan yang telah dirancang. Kegiatan akademik UI berjalan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat ini.

Baca juga: UI Luncurkan Prodi Baru, Siapkan Lulusan Kelola Bisnis Kreatif

Sementara, dalam acara Dies Natalis ke-71 tersebur, hadir pula Presiden Joko Widodo yang memberikan sambutan dalam Sidang Terbuka Peringatan Dies Natalis ke-71 Universitas Indonesia (UI) secara virtual.

Joko Widodo tak cuma mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-71 UI kepada seluruh keluarga besar UI. Ia berpesan, banyak hal dari tahun 2020 yang memberikan banyak pelajaran.

Misalnya, mengenai situasi pandemi yang memaksa orang bekerja melampaui batasan dan membuktikan bahwa Indonesia tangguh menghadapi setiap tantangan.

“Terus berupaya keras untuk menyelesaikan tantangan bersama yang kita hadapi, berusaha keras untuk memulihkan ekonomi sembari terus berlari menghadapi disrupsi teknologi. Strategi baru harus diciptakan,” ujarnya.

Baca juga: Sea Hadirkan Beasiswa Penuh Kuliah di UI, ITB, IPB, UGM, Binus dan IT Del

Dengan pengalaman panjang dalam sejarah bangsa, kata Jokowi, UI mampu menjadi teladan dalam menjalankan transformasi dan reformasi bangsa, dan terus menghasilkan talenta-talenta unggul.

“Peringatan Dies Natalis ini, semoga dapat memberikan semangat dan motivasi kuat UI untuk ikut hadir memecahkan permasalahan bangsa, dan juga selamat atas peluncuran Center for Independent Learning (CIL) Universitas Indonesia,” kata Jokowi.

Disisi lain, Ketua DPR RI, Puan Maharani menyampaikan harapan agar UI dapat menjadi barometer Pendidikan Tinggi di Indonesia. "Semoga UI bisaa terus melahirkan putra-putri terbaik bangsa dan hadir memberi solusi atas permasalahan yang dihadapi Indonesia," ujarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com